by

Pemkab Gelar Pelatihan Aparatur Pertahanan Desa & Kelurahan

KOBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menggelar Pelatihan Aparatur Pertahanan Desa dan Kelurahan di Gedung BKPSDMD Bateng.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 19-21 Tahun 2019 tersebut dibuka Asisten I Setda Pemkab Bateng Useng Komara mewakili Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh.

“Kelemahan warga dalam membuat surat tanah selama ini, tanpa ada titik koordinat, karena masih secara manual hanya berdasarkan keterangan dari RT atau tetangga terdekat,” ujar Hasan Basri, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Bateng saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Kamis (21/02/2019).

Dikatakannya, kegiatan sosialisasi yang merupakan perintah Bupati Ibnu Saleh tersebut diikuti peserta dari dua kecamatan meliputi Sungai Selan dan Simpang Katis beserta 22 desa atau kelurahan.

“Rencana pelatihan aparatur pertanahan desa dan kelurahan itu sebanyak tiga gelombang. Untuk gelombang pertama diikuti dua kecamatan dan 22 desa atau kelurahan,” katanya.

Ia mengungkapkan, output yang diperoleh dari kegiatan itu berupa ilmu pengetahuan yang diterima aparatur pertanahan desa dan kelurahan yang selanjutnya diterapkan di desa atau kelurahan masing-masing. Sedangkan outcomenya dari kegiatan ini supaya kedepan surat tanah yang dibuat tidak tumpang tindih kepemilikan untuk mendapatkan kepastian hukum.

“Adanya titik koordinat tersebut untuk menguatkan data kepemilikan tanah warga jika sewaktu-waktu ada masalah bisa dipertanggungjawabkan,” tuturnya.

Ia menambahkan, mekanisme dalam membuat surat tanah itu dengan cara mengambil titik koordinat, kemudian masuk ke komputer menggunakan aplikasi pemetaan.

“Pihak kecamatan tidak lagi mengeluarkan pernyataan berbatasan dengan siapa saja namun berdasarkan titik koordinat. Kita yang pertama di Babel,” tukasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU