by

Pemkab Gelar Lomba Inovasi Menu Masakan Berbahan Ikan

Juri sedang menilai inovasi menu masakan berbahan baku ikan, yang diselenggarakan Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Barat, di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat.(foto: ist).

MUNTOK – Melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Pemerintah Bangka Barat kembali menggelar acara lomba inovasi menu masakan berbahan baku ikan tingkat Kabupaten Bangka Barat.

Berbeda dengan lomba masak ikan yang digelar tanggal 17 September lalu, lomba yang berlangsung di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat kali ini, melibatkan generasi muda. Generasi muda yang dimaksud adalah pelajar tingkat SMA se-Kabupaten Bangka Barat.

Sebanyak tujuh tim memeriahkan lomba kemarin, diantaranya adalah SMK Negeri 1 Kelapa, SMA Negeri 1 Muntok, SMA Negeri 1 Jebus, MAN 1 Muntok, SMA Negeri 1 Simpang Teritip, dan dua tim yang berasal dari SMK Negeri 1 Muntok.

Kegiatan ini, bertujuan untuk menghasilkan inovasi menu masakan berbahan ikan, mempromosikan menu masakan berbahan ikan, sebagai upaya mendorong gerakan gemar makan ikan, dan mendukung tumbuh kembangnya perekonomian berbasis inovasi dengan menu dasar ikan.

Hal ini juga disampaikan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Rozali yang mewakili Bupati Bangka Barat membuka acara lomba.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan beliau disampaikan, dengan melimpahnya hasil laut di perairan Muntok terutama ikan, diharapkan dapat menjadi solusi yang mendukung ketersediaan sumber pangan bergizi sekaligus terjangkau kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sudah tepat menyasar generasi muda, yaitu para pelajar SMA. Pertimbangannya adalah bahwa generasi muda merupakan masa depan bangsa, bersemangat dan berani berinovasi dan berinisiatif dalam kreasi menu masakan. Serta harapannya dapat lebih aktif menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sekitar akan pentingnya mengonsumsi ikan,” katanya.

Bertindak sebagai tim juri dalam lomba ini adalah Juru Masak dari beberapa hotel di Bangka Barat. Indikator penilaian yang digunakan adalah kebaharuan ide masakan, penyajian/penampilan masakan, dan cita rasa.
Ditemui di sela acara, salah satu peserta asal SMA 1 Muntok, Fathiya mengatakan bahwa timnya membuat Fish Pie.

Ia mengatakan, sekarang saatnya membuat olahan yang anti mainstream alias tidak biasa. “Pie buah sudah biasa, sekarang saatnya pie ikan,” ungkapnya, sembari menambahkan, masakan mereka dinamai dengan ‘fish pie with melted cheese”.

Lain Fathiya, lain Ezzy. Pelajar yang berasal dari SMK Negeri 1 Muntok ini, salah satu menu andalannya adalah bolu Ciu Ciu, yaitu bolu dengan krim yang terbuat dari ikan ciu. Dirinya mengatakan bahwa ikan ciu banyak terdapat di perairan Muntok. “Kalo enak itu bisa murah kenapa harus mahal,” ujarnya.

Beberapa menu juga turut memeriahkan lomba, diantaranya Fish Rolled with Sticky Rice, Sweet Sour FishJang, Fish Terrine Tomato Sauce, Broccoli Egg Beaten Soup With Fish Stock, Donat Ikan Mie (DIM), Sate Ikan Saus Ikan Asin (Sate Ikan Sasin), Gulai Mangut, Gultum Iksemtomnas, dan Ikan terbang Crispi.

Turut hadir dalam acara diantaranya adalah perwakilan OPD di Lingkungan Pemkab Bangka Barat, perwakilan TP PKK, Camat Jebus dan guru-guru para pendamping peserta lomba.

SMKN 1 Muntok Jadi Juara

Dari hasil penilaian tim juri, SMKN 1 Muntok ditetapkan menjadi juara lomba. Menu andalan tim SMKN 1 Muntok adalah DIM (Donat Ikan Mie) yang merupakan perpaduan dari Ikan Tenggiri dan Mie dibentuk menjadi donat dan Sate Ikan Sasin. Juara 2 diraih oleh SMA Negeri 1 Muntok dan juara 3 diraih SMK Negeri 1 Kelapa.

Salah satu juri mengatakan bahwa masing-masing indikator bersifat saling melengkapi, ide yang baru dan penyajian yang oke tidak cukup jika tidak didukung oleh cita rasa yang enak.

Rozali mengucapkan selamat kepada para pemenang dan tidak lupa berpesan untuk terus berkreasi menciptakan inovasi agar dapat menginspirasi.(rell/3).

Comment

BERITA TERBARU