Pemkab dan BAWASLU Tandatangani NPHD Senilai 8 M

  • Whatsapp
Bupati Bangka Tengah dan Ketua Bawaslu Bangka Tengah memperlihatkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 yang telah ditandatangani.(foto: tamimi).

Ketua Bawaslu Apresiasi Dukungan Pemda

KOBA – Pemkab Bangka Tengah (Bateng) bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bateng melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

Penandatanganan pada Kamis (19/09/2019) di Ruang Kerja Bupati Bateng itu dilakukan oleh Bupati Bateng Ibnu Saleh, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi Irawan, Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ari Susanto, Sekretaris Daerah Sugianto, Kepada BPKAD Kabupaten Bangka Tengah Cherlini dan Kabid Anggaran Agus.

Turut hadir dan menyaksikan Penandatanganan NPHD itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono, Kasubbag Administrasi Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Siti Jamilah, Bendahara Pengeluaran Pembantu Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Edwin Tirta serta Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan Endro Santosa.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh menyampaikan, penandatangan NPHD itu sebagai wujud kesiapan Pemerintah Daerah dalam mendukung terselenggaranya Pilkada Bateng 2020 mendatang di Bangka Tengah.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pilkada didaerah kita. Kami menyadari bahwa kesiapan anggaran menjadi salah satu kunci lancarnya tahapan Pemilukada. Semoga kedepannya sinergi antarlembaga ini tetap terjalin dengan baik,” ujar Ibnu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan mengapresiasi atas dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah yang memprioritaskan pembahasan serta penandatangan NPHD ini.

Edi menjelaskan, di lingkungan internal Bawaslu ada 261 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada Serentak pada Tahun 2020 dan Bawaslu Bangka Tengah merupakan Bawaslu pertama yang telah melakukan penandatanganan NPHD.

“Ada 261 Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak di Indonesia dan untuk internal Bawaslu Kabupaten/Kota, Bawaslu Bangka Tengah ini merupakan yang pertama kali menandatangani NPHD,” ungkapnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bangka Tengah dan Tim Anggaran Pemkab Bangka Tengah hingga penandatanganan NPHD tersebut dapat dilaksanakan dengan cepat.

“Kami di provinsi memiliki kewajiban untuk mengkoordinir Bawaslu Kabupaten/Kota pada Pilkada Serentak Tahun 2020, khusus di Babel ada 4 (empat) daerah yang akan melaksanakan Pilkada, yaitu Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat dan Belitung Timur,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah atas kerjasama serta dukungan yang baik, sehingga proses pembahasan hingga penandatanganan NPHD Pilkada 2020 dapat terlaksana dengan lancar.

“Terima kasih atas dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan jajarannya kepada Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah untuk mengawal serta mengawasi proses Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 mendatang,” katanya.

“Untuk program kegiatan serta mekanisme penganggaran sudah kami sesuaikan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota Yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, serta Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 0194/K.BAWASLU/PR/.03.00/VIII/2019 Tentang Standar Kebutuhan Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati serta Walikota. Semoga nantinya pelaksanaan pengawasan tahapan Pilkada mendatang dapat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan bedasarkan PKPU RI Nomor 15 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada serentak 2020,” tambah Robianto.

Adapun besaran anggaran yang disetujui bersama didalam NPHD tersebut sebesar Rp8,3 Miliar guna kebutuhan pengawasan Pilkada Tahun 2020. (ran/3).

Related posts