Pemkab Belitung Launching Program BETARE

  • Whatsapp
Bupati dan Wakil Bupati menyaksikan kondisi Jalan di area terminal Tanjungpandan yang terang benderang setelah Launching Program Belitung Terang Benderang Sabtu (28/12/2019) malam. (foto: dodi).

TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, melauncing Program Belitung Terang Benderang (BETARE) pada Sabtu (28/12/2019) kemarin, di halaman terminal Tanjungpandan.

Melalui program itu, Pemkab Belitung melalui Dinas Perhubungan memfasilitasi lampu jalan dengan jenis LED berbasis smart system.

Read More

Kegiatan launching ditandai dengan penyalaan lampu jalan dengan melalui gawai pintar oleh Bupati Belitung Sahani Saleh.

Kepala Dinas Perhubungan, Ubaidillah menjelaskan, sampai saat ini, Pemkab Belitung telah memasang 60 tiang lampu jalan dengan 2 lampu di masing-masing tiang. Lampu-lampu tersebut, telah dipasang mulai dari simpang Buluh Tumbang hingga ke depan Masjid jamik Al-Mabrur. “Ini ada 60 tiang, karena 1 tiang itu dua lampu jadi ada 120 titik,” kata Ubaidillah.

Teknologi lampu jalan berbasis smart system ini, memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan pertama adalah dapat diketahui pemakaian daya dari tiap-tiap lampu di tiap bulannya.

Kelebihan kedua adalah tingkat keterangan lampu dapat dikontrol dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga lebih hemat.

Ketiga, teknologi ini juga memungkinkan untuk merekayasa jumlah nyala lampu dengan interval waktu yang berbeda-beda. Kelebihan keempat yaitu dapat mengontrol secara langsung jika ada kerusakan di salah satu lampu jalan.

Lanjut Ubaidillah, tahun depan pihaknya akan memasang 500 titik lampu. Dia berharap pemerintah ditingkat Desa dapat menginventarisir titik mana saja yang perlu dipasangi lampu jalan.

Bupati Belitung Sahani Saleh menyebutkan, program ini akan dijalankan secara bertahap. Pemasangan lampu jalan ini tidak hanya difokuskan satu wilayah, namun akan disebar di beberapa wilayah di Kabupaten Belitung agar terjadi kemerataan.

“Jadi, kita secara bertahaplah menyelesaikan masalah ini, katakanlah tahun depan kita pasang 500 lampu, dan ini akan kita bagi ke semua kecamatan,” ungkap Bupati Sahani.

Sanem sapaan akrab Bupati Belitung menjelaskan, Pemkab Belitung juga sedang mencari format lain pemasangan 7300 titik.

“Pemerintah sedang berusaha mencari skema yang sesuai aturan agar proses pengadaan bisa serentak di tahun 2020,” pungkasnya. (Dodi/IKP/3)

Related posts