Pemkab Bateng Usulkan Tiga Raperda Strategis

  • Whatsapp
Rapat paripurna DPRD Bangka Tengah tentang penyampaian tiga Raperda dari Pemkab Bangka Tengah, Rabu (foto: Muhammad Tamimi)

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengajukan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang dinilai cukup strategis lantaran sesuai dengan situasi dan kondisi di tengah-tengah masyarakat.

“Saya minta kepada sekda dan perangkat terkait untuk membahas lebih mendalam terkait Raperda itu bersama anggota DPRD. Tentunya harapan kami segera disahkan menjadi Perda,” ujar Bupati Ibnu Saleh usai rapat paripurna di DPRD Bateng, Rabu (12/06/2019).

Dikatakannya, tiga Raperda yang diusulkan pihak eksekutif kepada legislator yaitu Raperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan Terhadap Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Selain itu, Raperda tentang Cagar Budaya dan Raperda tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Bangka Tengah 2019-2038.

“Pengusulan dan penerbitan payung hukum berupa Raperda dan Perda ini sesuai dengan tanggungjawab otonomi daerah yang berhak menerbitkan payung hukum, tetapi tidak bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, tiga Raperda tersebut sangat penting disahkan menjadi Perda terutama peredaran narkoba di daerah ini tergolong rawan sebagai kabupaten yang dikelilingi pulau.

Kemudian Perda tentang Cagar Budaya, menurutnya sangat strategis karena itu bagian dari ciri khas dan identitas daerah yang mengandung nilai religius, filosofis, estetika dan nilai perjuangan.

“Sementara itu Perda tentang Rencana Pembangunsn Industri juga tidak kalah penting, menghadapi ekonomi global diperlukan pembangunan industri yang strategis,” katanya. (ran/10)

Related posts