Pemkab Bateng Usulkan Sertifikasi Dua UPR

  • Whatsapp

KOBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) akan mengusulkan dua Unit Pembenihan Rakyat (UPR) dalam upaya mendapatkan sertifikasi cara pembenihan ikan yang baik (CPIB) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Pada tahun ini, kami mengusulkan dua UPR yaitu UPR Mitra Usaha Pedindang dan Joker di Kecamatan Pangkalan Baru,” ujar Kepala Dinas Perikanan Bateng, Dedi Muchdiyat saat dikonfirmasi wartawan kemarin.

Dijelaskannya, sertifikat CPIB itu diusulkan bertujuan untuk menjamin kesehatan bibit ikan, pakan dan kondisi air perikanan budidaya.

“Jika sudah ada benih bersertifikat, maka bibit ikan yang dijual lebih terjamin karena dikelola para pembudidaya yang profesional,” ungkapnya.

Ia menambahkankan, hingga sekarang baru satu UPR yang sudah bersertifikasi dari total jumlah UPR sebanyak 22 unit yang tersebar pada sejumlah kecamatan.

“Sertifikasi UPR ini, diajukan karena sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan orang untuk membeli bibit, apalagi Bangka Tengah merupakan daerah sentra ikan budidaya,” terangnya.

Ke depan, sambung dia, semua UPR di daerah tersebut diharapkan sudah bersertifikasi, namun tetap dilakukan secara bertahap karena banyak aspek yang menjadi penilaian sebelum dikeluarkan sertifikatnya.

“Pada tahun ini, baru diusulkan dua UPR, sementara yang lainnya masih menunggu karena secara administrasi dan teknis mereka belum siap,” pungkasnya. (ran/3).

Related posts