Pemkab Bateng Tanam 500 Bibit Bakau

  • Whatsapp
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh memulai penanaman 500 bibit bakau di kawasan Hutan Lindung Pantai Kuruk Dusun B1 Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah.(foto: tamimi).

KOBA – Pemkab Bangka Tengah menanam sebanyak 500 bibit bakau di kawasan Hutan Lindung Pantai Kuruk Dusun B1 Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah.

“Kegiatan penanaman bakau ini dalam rangka memulihkan kawasan hutan lindung yang rusak akibat penambangan bijih timah. Lokasi ini harus direboisasi atau penghijauan,” ujar Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh disela-sela penanaman bibit Bakau di Lubuk Besar, Senin (17/06/2019).

Diungkapkannya, penanaman bakau itu pula bertujuan menjaga keseimbangan alam supaya keasrian hutan bisa dinikmati anak cucu mendatang. Minimal katanya, lingkungan yang rusak bisa hijau kembali.

“Sebagian tanaman bakau di kawasan Kuruk rusak akibat penambangan bijih timah, maka dari itu kami tanam kembali untuk anak cucu mendatang,” ucapnya.

Selain penanaman bibit bakau juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara pemerintah daerah dengan elemen masyarakat dalam rangka sama-sama menjaga kawasan hutan lindung tersebut.

“Saya memberikan apresiasi kepada berbagai elemen masyarakat yang sudah bertekad untuk menjaga kawasan hutan terlarang dari aktivitas perambahan liar,” tuturnya.

Ia menambahkan, Kawasan Kuruk, Kecamatan Lubuk Besar sebelumnya sempat dirambah sebagian masyarakat untuk menambang bijih timah, sehingga merusak hutan bakau.

“Pemerintah daerah berhasil menghentikannya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk sama-sama keluar dari lokasi dan menghentikan segala kegiatan ilegal,” tukasnya. (ran/3).

Related posts