Pemkab Bateng Bangun Pabrik MA11 di Pangkalan Baru

  • Whatsapp

Daerah Pertama di Babel Gunakan Pupuk Organik

KOBA – Pemkab Bangka Tengah merencanakan membangun pabrik pupuk organik cair jenis Microba Alfa 11 (MA11) dalam rangka meningkatkan produktivitas dan hasil pertanian petani diwilayah itu.

“Pada Bulan Agustus ini akan di bangun pabrik MA 11 di Pangkalan Baru. Kemudian tahun depan wacananya dibangun beberapa kecamatan di Bangka Tengah. Semoga adanya pabrik ini, bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan pupuk dan kebutuhan lainnya,” ujar Bupati Ibnu Saleh, Selasa (13/08/2019).

Dikatakannya, pupuk organik MA11 tersebut sebagai hasil fermentasi yang mengandung gizi lebih banyak. Tentu pupuk MA11 ini memiliki kelebihan dan keunggulan dibandingkan pupuk organik lainnya.

“Pupuk organik MA11 adalah pupuk organik cair yang memiliki kelebihan lebih dibandingkan pupuk organik lainnya karena hasil fermentasi pupuk itu bisa menambah unsur hara tanah dan merubah sifat fisik, kimia dan biologis tanah,” ungkapnya.

“Untuk merealisasikan pupuk MA11 ini, Pemerintah Bangka Tengah sudah menjalin kerja sama dengan Yayasan Anugrah Nusa Bangsa Indonesia (ANSA) dalam rangka membantu mempercepat pengembangan pupuk MA11 itu yang selanjutnya digunakan secara luas,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh (KPPP), Sajidin mengaku optimis bahwa pupuk MA11 itu bisa berhasil dikembangkan di Bangka Tengah untuk meningkatkan kesuburan tanaman pertanian sekaligus menambahkan produksi pertanian milik petani.

“Saat ini petani mengalami kendala masalah pupuk. Mudah-mudahan kehadiran MA11 ini bisa membantu para petani di Bangka Tengah. Selain itu, pupuk MA11 ini bisa mengurangi penggunaan pupuk anorganik atau kimia yang bisa merusak sifat fisik tanah,” tuturnya.

Ia menambahkan, kehadiran pupuk MA11 diyakini kuat bisa diterima oleh petani sebagai solusi untuk mengatasi mahalnya harga pupuk dan mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia.

“Bila nanti pupuk MA11 berhasil diterapkan di Bangka Tengah, maka kabupaten kita merupakan daerah yang pertama di Babel telah menggunakan pupuk organik itu. Kita pun nanti akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam hal penggunaannya secara luas,” pungkasnya. (ran/3).

Related posts