Pemkab Basel Dorong Masyarakat Bentuk Koperasi

  • Whatsapp
Riza Herdavid – Wakil Bupati Basel

OPD Leading Sektor Harus Berperan Aktif

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) mendorong kelompok masyarakat untuk membentuk koperasi berbadan hukum guna mempercepat usaha dan kesejahteraan anggota koperasi itu.

Pemkab Basel akan mempermudah dan memberikan fasilitas serta pembinaan bagi kelompok usaha masyarakat untuk membentuk koperasi legal.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Basel Riza Herdavid, Jumat (12/7/2019). Menurutnya, pembentukan koperasi berbadan hukum itu berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemberian Bantuan Usaha Kepada Kelompok Masyarakat.

“Jika koperasi ini berbadan hukum, maka pemerintah mudah menyalurkan bantuan kepada koperasi tersebut,” jelasnya.

Riza mengatakan, beberapa OPD Pemkab Basel diharapkan terus bersinergi untuk memberikan pendampingan terhadap kelompok masyarakat yang hendak membentuk koperasi.

“Saya minta OPD yang sebagai leading sektor harus berperan aktif memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada kelompok usaha masyarakat yang akan membentuk koperasi,” ujarnya.

Riza berharap kelompok masyarakat yang sudah membentuk koperasi untuk bisa mengembangkannya sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Masyarakat yang belum membentuk koperasi diharapkan segera membentuk koperasi, karena berdasarkan peraturan, bantuan hanya diberikan kepada kelompok masyarakat yang berbadan hukum,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Usaha Kecil Menengah, Basu Priatna mengatakan, DTKTUKM Basel tahun ini, mendapatkan kucuran dana DAK sebesar Rp300 juta untuk mendukung program pengembangan dan pembinaan koperasi di Basel. Dana tersebut akan digunakan untuk pelatihan, akuntansi koperasi, pengembangan usaha serta penilaian koperasi berprestasi.

Saat ini, lanjut Basu, terdapat sekitar 42 koperasi aktif yang ada di negeri junjung besaoh. “Harapan kami kedepan koperasi bisa aktif dan tumbuh sehat. Aktif dan tumbuh sehat beda, bisa berjalan sebagaimana mestinya, mandiri serta berdampak pada perekonomian masyarakat yang lebih meningkat. Kita sudah rapat dengan penyuluh koperasi untuk bisa meningkatkan kegiatan yang ada di koperasi tahun ini. Jika tahun lalu koperasi kita sudah masuk 50 besar nasional, maka tahun ini, kita targetkan akan naik ke posisi 30 – 40 besar nasional koperasi berprestasi,” pungkasnya. (raw/3).

Related posts