by

Pemkab Basel Bentuk Tim Penegasan Batas Daerah

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) dalam waktu dekat ini akan segera membentuk tim penegasan batas daerah. Selain itu, Pemkab menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang dikeluarkan pada tahun 2008 lalu tentang titik koordinat batas wilayah yang masuk ke Bangka Tengah.

Kepala Bagian Pemerintahan Bangka Selatan, Zamroni menjelaskan, berdasarkan Permendagri tahun 2008 tersebut batas wilayah antara Kabupaten Basel dengan Kabupaten Bateng, tepatnya di kawasan C2 Desa Lubuk Pabrik kecamatan Lubuk Besar itu memang masuk ke wilayah Kabupaten Bateng.

“Basel diperkuat dari faktor sejarah dan informasi dari masyarakat yang berdomisili di dekat titik koordinat daerah perbatasan tersebut, dan Permendagri sampai saat ini belum ada revisi atau perubahan sehingga daerah itu tetap masuk ke Kabupaten Bangka Tengah,” jelas Zamroni, Senin (12/2/2018) lalu.

Ia mengatakan, Kabag Pemerintahan Basel sudah pernah mencoba menyampaikan hal tersebut dengan Provinsi Babel untuk meminta difasilitai untuk merevisi Permendagri tersebut. Karena aturan yang dikeluarkan oleh kementerian itu jika direvisi harus melalui Provinsi.

Namun, kata Zamroni, sampai dengan saat ini belum ada keputusan dari Provinsi apakah Permendagri itu masih bisa ditinjau kembali atau memang sudah tidak bisa direvisi lagi.

“Inikan menyangkut historis dari wilayah Basel, memang secara aturan Permendagri itu sudah masuk ke wilayah Bangka Tengah, karena mungkin itu sudah dibahas dan ataupun sudah ditandatangani pada tahun 2008. Kita akan mencoba lagi komunikasikan ke Provinsi, karena bisa saja pada saat 2008 itu mungkin saat penentuan titik koordinatnya tidak lengkap sumber datanya atau sumber informasi yang diberikan masyarakat, sehingga berkas Permendagri itu sudah ditandatangani oleh masing-masing Bupati dan sampai ke Gubernur dan akhirnya keluarlah Permendagri tersebut,” kata Zamroni.

Ia menambahkan, saat forum konsultasi publik juga sempat dibahas masalah tapal batas wilayah itu. Pada saat itu, Kepala Bappeda Basel, Juaidi bersama Sekda Basel, Suwandi dan Bagian Pemerintahan akan membentuk tim penegasan batas daerah. “Nanti kita coba duduk satu meja dengan pihak Kabupaten Bangka Tengah yang difasilitasi oleh Provinsi agar permasalahan ini selesai,” ujar Zamroni.

Menurutnya, kalaupun nanti daerah perbatasan yang di permasalahan itu masuk ke wilayah Bateng dan atupun Permendagri tersebut bisa direvisi masuk ke Basel.

Maka antar Kabupaten yang berbatasan langsung dengan batas wilayah tersebut akan bersama-sama melalui kerjasama antar daerah. Hal tersebut sesuai dengan petunjuk peraturan pemerintah (PP) dan Permendagri. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU