Pemkab Basel Anggarkan Rp 11 M untuk THR dan Tukin

  • Whatsapp

Pemberian Masih Tunggu Juknis

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 11 miliar untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) yang komponennya meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/umum dan tunjangan kinerja (Tukin).

Anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tersebut terdiri dari THR sebesar Rp 6 miliar dan Tukin sebesar Rp 5 miliar, yang akan diberikan jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H atau lebaran tahun 2019 ini. Hanya saja, kapan waktu pemberiannya masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari pemerintah pusat.

“Sesuai dengan PP Nomor 35 dan 36 tahun 2019, THR wajib diberikan kepada seluruh PNS, kepala daerah dan anggota DPRD, serta pensiunan PNS. Untuk di Basel, alokasi anggaran dari DAU telah siap dengan angka mencapai enam miliar,” ujar Kepala Bakuda Basel Agus Pratomo melalui Sekretaris Riswady, Jumat (10/5/2019).

Ia menjelaskan pemberian THR dengan alokasi anggaran sebesar Rp 6 miliar tadi, diberikan kepada mereka yang menerima tanpa dibebankan potongan sedikitpun. Sementara THR wajib dibayar untuk menghadapi lebaran 2019 ini. Besaran penerimanya, telah diatur dalam PP Nomor 35 dan 36 tahun 2019 tadi.

“Kita belum bisa memprediksi kapan diberikan, karena baru tersiar kabar di pemberitaan saja, belum ada landasan hukum berupa PP. Namun, biasanya cair dan dibayarkan paling cepat 10 hari sebelun lebaran sesuai aturan dalam PP,” tambah dia.

Riswady menjelaskan untuk pembayaran Tukin bagi ASN, anggaran senilai Rp 5 miliar telah dialokasikan juga. Namun, waktu pembayarannya masih menunggu petunjuk teknis dari Kemendagri. Sedangkan gaji 13 untuk keperluan anak sekolah diprediksi akan dicairkan pada bulan Juni mendatang.

“Honor, guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap tidak menerima THR. Karena tidak ada dasar hukumnya, PNS diberikan THR karena ada dasar hukumnya berupa PP,” tutup Riswady. (raw/3)

Related posts