Pemkab Bangka Tinjau Ulang Perizinan Tower PT Daya Mitra Telekomunikasi

  • Whatsapp
Garis polisi dipasang di rumah warga Nangnung yang tertimpa tower BTS (foto: Rizki Yuliandri)

SUNGAILIAT– Buntut dari robohnya tower Base Transceiver Station (BTS) yang menimpa sebuah rumah di kawasan Nangnung Tengah, Kecamatan Sungailiat, membuat Pemkab Bangka akan kembali meninjau ulang perizinan tower milik PT Daya Mitra Telekomunikasi itu.

“Kita akan pertimbangkan kembali perizinannya dan meminta perusahaan melakukan perbaikan dan ganti rugi ke korban secepatanya,” tegas Kabid Penegakan Perda Satpol PP Bangka, Achmad Suherman kepada wartawan, Selasa (16/7/2019).

Namun, Suherman mengatakan pemilik tower yakni PT Daya Mitra Telekomunikasi memiliki izin lengkap dari pemda sehingga pembangunan tower tersebut dapat berjalan pada tahun 2015 lalu.

“Kalau dari kita sebatas perizinan dan izinnya lengkap. Kalau kelalaian pengusaha atau musibah alam, kita periksa dan minta pertanggungjawaban perusahaan,” terangnya.

Baca juga:  Tower BTS Roboh di Sungailiat, Satu Rumah Rusak Parah

Dia menambahkan, penyidik PPNS sudah mendatangi lokasi jatuhnya tower dan melakukan pengecekan. Hasilnya, diketahui tiang tersebut patah di bagian sambungan.

Menurut Suherman, adanya bagian yang patah atau lepasnya sambungan tersebut diduga karena lalainya pihak perusahaan dalam melakukan pengawasan dan perawatan.

“Perusahaan wajib melakukan perawatan secara berkala karena dampaknya sangat berbahaya terlebih lagi bagi masyarakat yang ada disekitar lokasi tower,” tandasnya. (mla)

Related posts