Pemkab Bangka Terus Giatkan Germas

No comment 132 views

SUNGAILIAT- Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas yang diluncurkan Pemerintah Pusat terus digiatkan ke seluruh pelosok negeri, termasuk juga di Kabupaten Bangka. Diakui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti, Jumat (5/1/18) di kantornya, sejauh ini, pihaknya terus mensosialisasikan dan menggiatkan program Germas keseluruh lapisan masyarakat.

“Ke OPD-OPD kita telah memberitahukan dan mereka setiap jumat juga terus melakukan Germas termasuk juga masyarakat kota dan desa,” ungkap dr. Then Suyanti.

Germas ini lanjutnya merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Ini merupakan bagian perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan bisa dimulai dari keluarga,” katanya.

Dikatakannya juga, Germas dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak minum minuman keras, dan memeriksa kesehatan secara rutin serta membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

“Setiap hari jumat kita kerap lakukan, aktivitas fisik olahraga dan gotong royong di kantor, dan jangan lupa makan sayur dan buah, dan chek up kesehatan,” katanya.

Germas sambung dr. Then bertujuan untuk mengajak masyarakat mewujudkan dan membudayakan hidup sehat supaya mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

“Kita harapkan Germas ini dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan,” katanya.

Untuk mendukung Germas ini ungkapnya Pemerintah Kabupaten Bangka terus menggiatkan program strategis Bupati Bangka di bidang pelayanan kesehatan seperti Jaminan Kesehatan Sepintu Sedulang, Bumilresti dan lain sebagainya.

“Semoga pelayanan dan Germas bisa berjalan bersamaan menuju masyarakat kita yang sehat dan berperilaku hidup sehat,” harap dr. Then.(rls)

No Response

Leave a reply "Pemkab Bangka Terus Giatkan Germas"