Pemkab Bangka Tengah Gandeng Bank Indonesia

  • Whatsapp
Bupati Ibnu Saleh foto bersama Petani dan Penyuluh Se- Bangka Tengah di Kebun Cabe Besar milik Poktan Tani Citra Trubus Dusun Nadi Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah.(foto: tamimi)

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menggandeng Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk membuat kebun percontohan secara organik di Dusun Nadi Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar.

“Tahun ini kita rencanakan akan membuat kebun secara organik menggandeng mitra kita yakni Bank Indonesia perwakilan Bangka Belitung. Kegiatan ini dalam rangka mendukung petani untuk membudidayakan tanaman hortikultura secara organik tanpa menggunakan pupuk anorganik dan pestisida,” ujar Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, Senin (27/01/2020).

Muat Lebih

Dikatakannya, kebun percontohan organik tersebut rencananya mengambil Kelompok Tani Citra Trubus sebagai percontohan karena saat ini sedang melakukan penanaman cabe besar. Untuk penggunaan pupuk dasar dan pupuk lanjutan diwajibkan menggunakan pupuk organik.

“Poktan Tani Citra Trubus ini memang sudah lama jadi binaan Bank Indonesia juga. Nah, pada tahun ini mau dimaksimalkan agar 100 persen menggunakan pupuk organik MA11. Untuk produksinya kita minta Bank Indonesia mensuport produksi MA11 menjadi lebih banyak tembus 20.000 liter per bulan di labolatorium mini Desa Benteng Kecamatan Namang,” ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung Taufik mengatakan, Bank Indonesia punya proyek percontohan tanaman organik pada tahun 2020 untuk menekan biaya produksi dari 80 hingga 100 persen.

“Untuk kebun percontohan ini, jika gagal, tentu tidak akan merugikan petani, jadi jangan takut. Makanya, Pak Acoi jangan takut seandainya percontohan ini nantinya gagal karena tidak merugikan petani itu sendiri,” ujarnya.

Ia menambahkan, kesuksesan Ketua Kelompok Tani Citra Trubus Acoi bukan menjadi luar biasa, tetapi bila ada binaannya yang sukses, maka itu yang dikatakan luar biasa.

“Saya apresiasi dengan kesuksesan Poktan Tani Citra Trubus ini dalam usaha budidaya tanaman cabe besar. Nanti kita coba tekan biaya produksi bukan lagi 80 persen tetapi capai 100 persen,” tukasnya. (ran/3)

Pos terkait