by

Pemkab Bangka Tengah akan Bangun SPBN

KOBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN). Hal itu dilakukan untuk menanggapi keluhan para nelayan yang kesulitan mendapatkan bahan bakar jenis solar.

“SPBN ini perlu dibangun untuk melayani kebutuhan BBM jenis solar para nelayan dan ini selalu menjadi keluhan para nelayan yang kesulitan mendapatkan bahan bakar,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (15/4/2018).

Ia mengatakan, pihaknya sudah menghubungi pihak Hiswana Migas terkait perizinan, dan dari instansi tersebut siap membantu pendirian SPBN di Kabupaten Bangka Tengah untuk melayani nelayan di daerah itu.

“Untuk lokasi Pembangunan SPBN nanti, kami cari lokasi yang lebih strategis agar mudah dijangkau para nelayan dari berbagai desa dan ini solusi untuk menjawab keluhan nelayan yang selama ini kesulitan mendapatkan solar,” ujarnya.

Diungkapkannya, Pemerintah Bateng sekarang ini sedang fokus membangun sektor perikanan baik perikanan tangkap, budi daya dan produk perikanan olahan karena sektor itu diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Untuk diketahui hampir setengah wilayah Bangka Tengah ini adalah kawasan pesisir yang rata-rata masyarakatnya adalah nelayan. Sedangkan mereka masih dihadapkan pada berbagai persoalan yang butuh bantuan dari pemerintah daerah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Dedi Muchdiyat menambahkan pihaknya terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dengan menjalankan sejumlah program strategis.

“Masyarakat nelayan terus kami dorong, demikian juga para pembudidaya ikan air tawar dan membina keluarga nelayan untuk mengembangkan usaha produk makanan yang berbahan baku ikan,” katanya.

Ia menyampaikan, di Bangka Tengah sendiri terdapat sebanyak 24 Desadari 65 desa merupakan kawasan pesisir dimana jumlah nelayan mencapai 4.000 lebih.

“Panjang wilayah pesisir ini mencapai ratusan kilometer dan terdapat sebanyak 11 pulau serta beberapa titik yang menjadi wilayah tangkapan ikan potensial bagi kalangan nelayan,” tukasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU