Pemkab Bangka Raih Top 5 Penghargaan Pembangunan Daerah

  • Whatsapp

Jakarta – Kabupaten Bangka untuk yang ke 4 kalinya berturut-turut berhasil meraih penghargaan pembangunan daerah terbaik seluruh Indonesia di tahun 2019. Tahun ini, Bangka meraih top 5. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala Bappenas, Bambang Sumantri Brojonegoro kepada bupati bangka, mulkan, pada forum musyawarah perencanaan pembangunan nasional, Kamis (09/05/19) di hotel Shangri La Jakarta.

Read More

Musrenbangnas kali ini, dibuka langsung oleh presiden RI. Pada kesempatan ini presiden juga menerima dan meluncurkan visi indonesia 2045, rancangan teknokratik rpjmn 2020-2024 dan rancangan rkp2020 dari bappenas

Keberhasilan Pemkab Bangka tahun 2019 meraih top 5 penghargaan pembangunan daerah terbaik Indonesia merupakan pengulangan penghargaan serupa yang pernah didapatkan tahun 2016, 2017 dan 2018. Pada tahun 2016 hingga 2017, penghargaan tersebut masih dinamakan pangripta nusantara dengan indikator utama penilaian hanya pada aspek perencanaan pembangunan daerah. Pada tahun 2018 dan 2019, selain indikator perencanaan pembangunan 2019, penilaian pembangunan daerah juga dilakukan pada aspek pencapaian pembangunan daerah tahun 2018. Oleh karena itu, sejak tahun 2018, penghargaan tersebut dinamakan penghargaan pembangunan daerah.

Diterimanya penghargaan pembangunan daerah ini, sekaligus dan sekali lagi membuktikan bahwa pada periode rpjmd “bangka setara 2019-2023”, Pemkab Bangka merupakan Pemkab dengan perencanaan pembangunan daerah terbaik dan bahkan bersama tanah datar, temanggung dan tabanan, masuk dalam kelompok 5 Kabupaten terbaik di indonesia dalam perencanaan dan pencapaian pembangunan daerah 2018.

Bupati Bangka, Mulkan, S.H.,M.H., menjelaskan bahwa diterimanya penghargaan pembangunan daerah ini sekaligus dan sekali lagi membuktikan bahwa Pemkab Bangka merupakan pemerintah daerah dengan perencanaan dan sekaligus pencapaian pembangunan daerah terbaik di Bangka Belitung. Saya sungguh merasa bangga dengan pencapaian ini, bangga kepada bappeda yang sangat konsisten memepertahankan prestasi dan juga merasa bangga kepada seluruh OPD untuk kekompakan dan partisipasi katif dalam perencanaan dan pembangunan daerah.

“Salah satu alasan mengapa kami menjadi yang adalah karena rencana kerja Pemkab Bangka mampu mengakselerasi seluruh pencapaian target makro pembangunan. Hingga tahun 2018, seluruh target pembangunan utama berhasil dilampaui. Indeks pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, tingkat kemiskinan, pendapatan per kapita, gini ratio, indeks pemeratan pembangunan infrastruktur, indeks eksploitasi ekonomi, indeks pelayanan publik, indeks transparansi, dan indeks ketertiban umum, semuanya mengalami perbaikan siginifikan, melebihi capaian provinsi dan kabupaten/kota lainnya di babel, bahkan juga mengungguli capaian pembangunan nasional,”ungkap Bupati.

Related posts