Pemkab Bangka Optimis Dapatkan Adipura

  • Whatsapp
Sekretaris DLH Bangka, Rozali

SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka optimis mendapatkan penghargaan Adipura. Beberapa pembenahan juga sudah dilakukan demi mendapatkan penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangka melalui sekretaris DLH Bangka, Rozali mengatakan pihaknya terus melakukan berbagai upaya seperti pembenahan-pembenahan tempat pembuangan sampah (TPS) di beberapa titik kota Sungailiat.

“Kita sudah lakukan pembenahan beberapa TPS, RTH (ruang terbuka hijau) dan instansi pemerintah. Hasilnya juga sudah kita laporkan ke kementerian lingkungan hidup (KLH),” ungkapnya, Rabu (29/2).

Ia mengatakan dalam penilaian Adipura kali ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya dimana penilaian sekarang lebih mengacu pada dokumen.

Baca Lainnya

“Jadi, untuk penilaian Adipura saat ini lebih mengacu kepada Jakstrada (kebijakan strategi daerah) tentang persampahan ini. Mereka (tim penilai-red) pertama sekali menilai dokumen baik itu tentang perencanaan dan lain-lain, setelah itu baru mereka menuju titik-titik yang akan di pantaunya seperti di TPA, instansi, rumah sakit, sekolah dan pasar,” terang Rozali.

Ia mengakui ada beberapa catatan yang harus diperbaiki pihaknya dalam meraih penghargaan Adipura tersebut setelah dilakukan peninjauan dan pengamatan oleh tim pusat beberapa waktu lalu.

“Ketika kami mengawal tim, memang ada beberapa yang harus dibenahi seperti SOP limbah medis yang ada di puskesmas dan SOP yang kurang itu harus ditambahi tapi itu sifatnya hanya administratif itu saja,” tambahnya.

Namun demikian, pihaknya tetap optimis bahwa Pemkab Bangka akan mendapatkan penghargaan Adipura tersebut sesuai dengan target bupati bangka.

“Hasil penilaiannya mungkin akan mereka umumkan pada bulan Februari atau Maret ini. InsyaAllah mudah-mudahan kita dapat lagi Adipura,” harapnya.

Untuk itu, Rozali mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Kami harapkan agar masyarakat membuang sampah di tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah, karena TPS di kita ini sudah cukup memadai dan bisa menampung sampah-sampah dari masyarakat,” imbuhnya. (mla/3)

Related posts