by

Pemkab Bangka dan Kanwil DJP Jalin Kerjasama

-Bangka-63 views

Optimalisasi Penerimaan Pajak dan Retribusi

SUNGAILIAT – Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kepulauan Bangka Belitung dengan Pemkab Bangka melakukan penandatanganan nota kesepakatan mengenai koordinasi optimalisasi penerimaan pajak dan retribusi, di ruang rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka, Jumat (27/1/2017).

MoU ditandatangani langsung oleh Kepala Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung M. Ismiransyah M. Zain dengan Bupati Bangka H. Tarmizi.

Bupati Bangka H. Tarmizi Saat mengatakan, nota kesepakatan tersebut perlu dilanjutkan dengan perjanjian dibawahnya bersama dinas-dinas terkait untuk segera bergerak dalam meningkatkan penerimaan asli daerah.

“Perlunya sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah untuk terus ditingkatkan, hal ini terkait masih adanya paradigma lama yang menganggap pemerintah pusat dan Pemerintah daerah itu tidak sejalan,” katanya.

Tarmizi mengatakan, 39 ribu jumlah wajib pajak yang terdaftar di kabupaten Bangka jumlahnya masih rendah perlu ditingkatkan, sehingga dapat meningkatkan penerimaan pajak pusat dari kabupaten Bangka.

Pajak tersebut nantinya akan kembali ke daerah diharapkan dapat meningkatkan pembangunan jalan, mengentaskan kemiskinan dan bidang pembangunan lainnya.

“Masih banyak peluang pungutan pajak yang dapat dilakukan namun perlu adanya dasar hukum, untuk itu Kanwil Ditjend Pajak dapat membantu dalam upaya peningkatan penerimaan pajak,”katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJP Sumsel dan Babel M. Ismiransyah M. Zain, menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kabupaten Bangka H. Tarmizi Saat atas dukungan yang selama ini telah diberikan kepada direktorat jenderal pajak.

“Saya berharap kepada jajaran untuk terus melanjutkan sinergi dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak,” katanya.

Selain itu, kata dia, dalam rangka penandatangan nota kesepakatan juga menjadi ajang untuk meningkatkan jalinan kerjasama dalam peningkatan mutu peran DJP dan Pemerintah Kabupaten Bangka dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pajak dan retribusi untuk kesejahteraan masyarakat.

Kerjasama yang diinisiasi Kepala KPP Pratama Bangka, Dwi Hariyadi dan Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Sungailiat, Tiung Florinda ini, selain dalam rangkapenandatangan Nota Kesepakatan juga menjadi ajang untuk meningkatkan jalinan kerjasama dalam hal peningkatan mutu peran DJP dan Pemerintah Kabupaten Bangka untuk mengoptimalkan penerimaan pajak dan retribusi guna kesejahteraan masyarakat Bangka.

Dalam acara tersebut, Kepala Bidang Keberatan, Banding dan Pengurangan Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel, Saefudin memaparkan realiasi penerimaan pajak di wilayah Bangka. Penerimaan pajak di KPP Pratama Bangka pada tahun 2016 sebesar 764,77 Miliar, sementara untuk Kabupaten Bangka sendiri sebesar Rp. 277,67 Milyar yang berarti 36% kontribusinya terhadap penerimaan KPP Pratama Bangka.

Sedangkan Kepala Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi dan Penilaian, Muhammad Dahlan Saleh memaparkan mengenai Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP). Sebagai informasi KSWP digunakan untuk mengecek validitas NPWP dan kepatuhan
pelaporan SPT 2 tahun terakhir.

Pada akhir acara, Kepala KP2KP Sungailiat, Tiung Florinda, mengingatkan batas waktu Amnesti Pajak periode 3 dan penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi secara e-filing pada tanggal 31 Maret 2017 dan Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan Wajib Pajak Badan pada tanggal 30 April 2017.

Hadir pada acara tersebut Kepala Kantor Pajak Pratama Pangkalpinang, Dwi Haryadi dan Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Sungailiat, Tiung Florinda.(snt/rus/humas/10)

Comment

BERITA TERBARU