by

Pemkab Babar Latih Pejabat Penatausahaan Keuangan

Bupati Bangka Barat Parhan Ali mengalungkan tanda peserta Pelatihan para Pejabat Penatausahaan Keuangan Organisasi Perangkat Daerah tentang akuntansi berbasis akrual. (foto: hendra).

MUNTOK – Guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) melatih para Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentang akuntansi berbasis akrual kepada.

Pelatihan ini, berlangsung selama 4 hari terhitung 10 – 13 April 2018. Saat membuka pelatihan Bupati Bangka Barat, Parhan Ali mengharapkan, dari pelatihan ini nantinya terlahir sumberdaya aparatur yang kompeten dan memahami penerapan sistem akuntansi keuangan daerah serta sistem akuntansi pemerintah yang handal untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang berkualitas.

“Diharapkan mampu mengatasi kesulitan dan kekurangpahaman aparatur dalam pengelolaan keuangan daerah. Apa yang kita lakukan ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi sumber daya aparatur guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah dan laporan keuangan secara transparan, akuntabel dan akurat,” ujar Bupati di Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat, Selasa (10/4/2018).

Parhan menambahkan, peningkatan SDM tidak hanya sebatas pada pengembangan kompetensi aparatur saja, tetapi harus disertai peningkatan kualitas sistem dan kelembagaan yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi informasi.

“Pemkab Bangka Barat selalu berupaya meningkatkan kompetensi pegawai yang berwawasan teknologi informasi. Beberapa waktu lalu dilaksanakan pelatihan bendahara berbasis aplikasi. Ini artinya, kita tanggap akan pentingnya peningkatan kualitas sdm aparatur yang berwawasan IT,” katanya.

Sistem akuntansi berbasis akrual merupakan cara yang diyakini kehandalannya baik keakuratan data maupun tingkat presisi yang tinggi dalam menghasilkan laporan keuangan. Sistem akrual ini sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintah. (wan/3).

Comment

BERITA TERBARU