by

Peminat Relawan Demokrasi Masih Minim

KPUD Basel Optimisi Capai Kuota

TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Bangka Selatan, melakukan rekrutmen relawan demokrasi dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan. Ketua KPUD Bangka Selatan Amri R, mengatakan, saat ini rekrutmen memasuki tahap pendaftaran.

Sebanyak 55 kuota disiapkan KPUD Basel dalam rekrutmen tersebut. Menurut Amri, peserta yang mendaftar hampir memenuhi kebutuhan kuota yang ada. Demikian dikatakannya kepada wartawan Kamis (17/1/2019).

“Saat ini, KPUD masih melakukan tahapan rekruitmen relawan demokrasi. Alhamdulillah sampai hari ini, peserta yang mendaftar hampir memenuhi quota yang ditentukan sebanyak 55 orang. Rekrutmen ini, menyeluruh dari seluruh kecamatan dan desa yang ada di Basel,” ujar Amri.

Ia mengatakan, relawan demokrasi bertugas meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 17 April 2019 mendatang. Khususnya pemilih pemula. Namun, relawan demokrasi ini juga akan menyasar pemilih dewasa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dalam meningkatkan partisipasi pemilih tersebut.

Usai pendaftaran, tahapan rekrutmen relawan demokrasi dilanjutkan seleksi wawancara dan Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh komisioner KPUD Basel.

“Nanti mereka (relawan-red) ini, bertugas meningkatkan partisipasi pemilih pemula. Namun juga mereka akan masuk ke pemilih yang telah bekeluarga, tokoh tokoh dan kalangan lain sebagainya,” imbuhnya.

Dikatakan Amri, minat masyarakat menjadi relawan demokrasi masih terbilang minim, kendati menerima saleri atau gaji. Meski begitu, KPUD Basel, optimis hingga penutupan pendaftaran mencapai kuota yang ditentukan KPUD sebanyak 55 peserta.

Dalam proses rekrutmen tersebut, KPUD Basel, bekerja sama dengan PPK dan PPS se Kabupaten Bangka Selatan. Dengan sinergitas ini, KPUD berharap minat dan partisipasi masyarakat untuk menjadi relawan demokrasi semakin meningkat.

“Sejauh ini, memang masih minim jumlah pendaftarnya. Cuma kami optimis sampai penutupan nanti memenuhi quota. Makanya nanti kami menggandeng PPS dan PPK di seluruh Basel. Kita harapkanya tentunya melalui Relawan Demokrasi ini, partisipasi pemilih Bangka Selatan khususnya pemilih pemula akan semakin meningkat dan masyarakat akan semakin sadar pentingnya berpartisipasi pada Pileg dan Pilpres 17 April ini,” pungkasnya. (raw/3).

Comment

BERITA TERBARU