by

Pemilu 2019, Pemilih Pemula Capai 4.369 Orang

-Bangka-105 views

SUNGAILIAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka mendata ada 4.369 orang pemilih pemula pada Pemilu 2019 di Kabupaten Bangka dari DPT (Daftar Pemilih Tetap-red) yang ditetapkan yaitu 204.343 orang.

Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Bangka M. Hasan mengatakan, pemilih pemula yang sudah berumur 17 tahun pada hari H (pemilihan-red) harus dilakukan pendataan.

“Mereka sudah punya hak pilih karena sudah berumur 17 pada hari H jadi harus didata,” kata Hasan, Rabu (19/9/2018)

KPU, lanjutnya bisa disalah kalau ada pemilih yang tidak masuk dalam DPT karena menghilangkan hak konstitusi seseorang.

“Persoalan sudah KTP-el atau belum, itu urusannya disdukcapil untuk melakukan perekaman tapi KPU terus koordinasi dengan capil untuk memantau progres perekaman KTP-el,” bebernya.

Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka juga gencar melakukan perekam KTP-el bagi pemilih pemula yang ada ke sekolah-sekolah.

“Ada siswa yang masuk dalam data penduduk potensi pemilih pemilu (DP4). Jadi pada tanggal 17 April saat pemilu, mereka sudah dapat menggunakan hak pilihnya,” kata Kepala Dukcapil Kabupaten Bangka Rahmat Gunawan, kemarin.

Perekaman KTP-el, menurut dia, dilakukan bagi pemilih pemula meski belum berumur 17 tahun. Nanti ketika sudah berumur 17 tahun baru KTP-el dicetak.

“Sekolah di Sungailiat hampir seluruhnya sudah. Kemarin di Mendo Barat. Ini untuk mengejar jelang Pemilu 2019,” pungkasnya.(snt/10)

Comment

BERITA TERBARU