Pemilik Kosmetik Ilegal Ditangkap di Batam

No comment 160 views

*Bayar Kurir Antar ke Jakarta Rp20 Juta

PANGKALPINANG – Kerja keras penyidik Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membongkar tuntas penangkapan kosmetik diduga ilegal di Pelabuhan Belinyu, Kabupaten Bangka, akhirnya terbayar. Polisi berhasil menangkap pemilik kosmetik Yusuf Nababan (45) pada Minggu (1/10/2017) lalu di Batam, Provinsi Kepulauan Riau.
Yusuf Nababan merupakan pemberi modal sebesar Rp20 juta kepada kurir untuk mengirim ribuan kosmetik diduga ilegal dari Batam tujuan Jakarta melalui Pelabuhan Belinyu, Kabupaten Bangka.
Kabid Humas Polda Babel, AKBP Abdul Mun’im membenarkan adanya penangkapan terhadap pemilik kosmetik yang tidak dilengkapi izin edar itu.
“Ya, memang benar. Kami sudah melakukan pencarian pelaku dugaan kosmetik ilegal ini sejak Kamis dan pelaku kami tangkap di Batam pada Minggu,” ungkap Kabid Humas kepada wartawan, Rabu (11/10/2017).
Ia menegaskan, warga Batam itu dijerat berlapis dengan sangkaan Pasal 197 jo Pasal 196 Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan jo Pasal 55, 56 dan Pasal 480 KUHPidana.
“Untuk ancaman hukuman pidana bagi pelaku kosmetik dugaan ilegal ini selama 15 tahun kurungan penjara. Sekarang ini, pelaku sudah kita tahan,” tegasnya.
Dalam berita sebelumnya, jajaran Ditpolairud Polda Babel berhasil mengamankan sedikitnya 297 bahan atau kosmetik dari kapal motor (KM) Sabuk Nusantara 62 yang berlabuh di Dermaga Belinyu, Kabupaten Bangka.
Setelah aparat gabungan menggeledah kapal itu ditemukan kotak yang berisi barang-barang kosmetik seperti tablet body slim herbal, pensil alis merk dafis kosmetik, eyeshadow merk kylie, 5 bedak merk naked dan 55 ember berisi cream putih.
Polisi lalu menangkap dan menahan Nurjanah (60) yang bertindak sebagai pengantar atau kurir kosmetik tersebut. Dari pengakuan kurir ini polisi lantas mengembangkan penyidikan kepada Yusuf Nababan.
Namun atas perbuatannya Nurjanah dijerat dengan Pasal 197 jo Pasal 196 Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan jo Pasal 55, 56, 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman kurungan penjara selama 15 tahun. (bis/1)

No Response

Leave a reply "Pemilik Kosmetik Ilegal Ditangkap di Batam"