Pemdes Airgegas Lirik Potensi Pasir Eks Tambang

  • Whatsapp
Kades dan Ketua BPD Air Gegas

Akan Dikelola Bumdes
Pemdes Juga Bangun Kebun Binatang Desa

Desa Airgegas, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan selain salah satu desa yang mampu memproduksi lada, karet dan sawit ribuan ton, juga memiliki potensi pengelolaan pasir bangunan. Desa yang memiliki penduduk sebanyak 4358 jiwa ini berencana memanfaatkan lahan tidur eks tambang yang luasnya mencapai puluhan hektar sebagai lahan pengelolaan pasir.

Pemdes bersama Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) akan mengelola pasir untuk memenuhi kebutuhan material bangunan. Demikian dikatakan Kepala Desa Airgegas, Masri kepada wartawan pekan lalu. Menurutnya, lahan tidur eks tambang memiliki potensi pasir bangunan mencapai ribuan kubik akan dikelola oleh Bumdes Airgegas.

“Tahun ini, Pemdes bersama BPD tetap fokus pada pengembangan perkebunan dan pertanian warga, karena memang mayoritas penduduk Airgegas adalah petani dan pekebun, Pemkab Basel juga bekerja sama dengan desa dalam pengelolaan pembibitan lada, di RT 2 Airmedang, ada puluhan ribu bibit lada jenis polibag dan bibit panjang dengan harga terjangkau, selain itu kita juga akan memanfaatkan lahan tidur eks tambang luasnya puluhan hektar, Bumdes akan mengelola untuk pasir bangunan, cetak batako, paving block, potensinya luar biasa, bisa menyerap tenaga kerja dan jadi PAD bagi Desa Airgegas Bumdes juga akan mengelola kebun sawit milik desa,” jelas Masri didampingi Ketua BPD, Umar Wirahadikusuma di Kantor Desa Airgegas.

Selain itu, Desa Airgegas juga berencana membangun kebun binatang desa. Ketua BPD menyebutkan kebun ini selain sebagai tempat rekreasi warga desa juga sebagai media pendidikan bagi anak-anak. Selain itu, keberadaan kebun ini bertujuan untuk melindungi satwa asli Desa Airgegas.

“Banyak binatang asli desa yang harus kita lindungi dan lestarikan, seperti Burung Piol, Pergam, Limbet, kancil atau pelanduk. Kebun binatang desa akan kita jadikan sebagai tempat rekreasi warga, kita juga setiap tahun melaksanakan karnaval teluk serujo yang tahun ini akan kita laksanakan pada 28 Februari mendatang,” kata Umar Wirahadikusuma.

Pemdes Airgegas, ditambahkan Masri, bersama TP PKK Desa akan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga agar dapat memanfaatkan pekarangannya dengan menanam cabe.

“Ada program pemberdayaan masyarakat yang akan dilakukan TP PKK kita bersama-sama ibu-ibu rumah tangga agar dapat memanfaatkan pekarangan rumah serta kebun dapat ditanam dengan cabe, pada saat harga cabe tinggi, tentu kita tidak merasakannya, kita bisa memanfaatkan hasil cabe dari kebun sendiri, pemberdayaan seperti ini yang akan kita tingkatkan,” kata Masri.

Ia menambahkan, Pemdes Airgegas juga sangat konsen dengan kebersihan desa. Bahkan pada setiap 17 Agustus, Pemdes menggelar lomba kebersihan di tingkat RT.

“Kebersihan setiap tahun kita lombakan, ini tentu tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan desa kita, karena kebersihan itu adalah bagian dari iman, desa kita sebelumnya pernah juara I lomba kebersihan tingkat Provinsi Babel, selain itu, guna menciptakan kamtibmas Desa Airgegas, kita selalu bersinergi dengan BPD dan seluruh elemen di masyarakat, bergotong royong serta memecahkan semua masalah dengan musyawarah mufakat,” pungkas Masri.

Di aspek keagamaan, kata dia, Desa Airgegas juga memiliki Pondok Pesantren Darul Istiqomah yang telah memiliki santri dari beberapa kecamatan dan mencapai ratusan orang. (raw/10)


Pembangunan Tahun 2016
1. Pendopo Kuburan
2. Rehab TPA
3. Jalan Setapak
4. Rehab Balai RT
5. Jalan dan Siring Jalan Gg Sahabat
6. Jalan Tanah Puruh Simpang Jawa
7. Pembukaan Jalan Lingkar Desa
8. Pembangunan Lapangan Volli
9. Pembangunan Gedung Posyandu
10. Pembukaan Jalan RT 11 – 12
11. Tanah Puruh Talud, Siring Platdueker
12. Jembatan Tembus Jalan Pulau

Struktur Organisasi Pemdes Airgegas
Kepala Desa : Masri
Sekretaris : Abdul Sanik
Ketua BPD : Umar Wirahadikusuma
Sekretaris : Apriyadi
Ketua LPM : Ibnu Hasimi
Sekretaris : Hendra
Ketua PKK : Susiyani
Sekretaris : Rini Astariza

Related posts