Pemdes Aik Ketekok Seleksi Calon Perangkat Desa

  • Whatsapp
Salah seorang calon Perangkat Desa Aik Ketekok ketika mengikuti seleksi di Kantor Pemdes Aik Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung, Kamis (27/12/2018). (foto: yan).

TANJUNGPANDAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Aik Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung melaksanakan seleksi kepada calon perangkat Desa Aik Ketekok, Kamis, (27/12/2018). Seleksi ini, diikuti oleh 6 peserta, yaitu Ilhamsyah HP, Herti Dwisintya, Susanti Yamarlina, Akbar’, Via Ariani, SPD, dan Putri Apsari.

Seleksi ini, dilaksanakan dengan tujuan untuk mencari SDM yang berkualitas demi kelancaran administrasi Pemerintah Desa. “Dari 6 orang peserta ini akan diterima 2 orang untuk menempati posisi kasi dan staf,” terang Kepala Desa Aik ketekok, Antoni.

Antoni yang baru dilantik sebagai Kades Aik Ketekok beberapa waktu lalu itu, mengatakan, jika proses seleksi dilakukan secara terbuka dan transparan.

Tim Seleksi terdiri dari 3 orang, yaitu Syamsir sebagai ketua dan Wigman Mukti dan Budi Swasta dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berancana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD) selaku anggota tim.

Tim Seleksi berharap kepada peserta seleksi yang nantinya terpilih dapat bekerja semaksimal mungkin dan bisa bekerja sama dengan perangkat desa lainnya, karena tanpa kerja sama yang baik akan akan sulit melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam membantu kepada desa menjalankan roda Pemerintah Desa.
“Kami berharap peserta yang terpilih bisa bekerja dengan baik,” harap Syamsir.

Sementara itu, Wigman Mukti menilai kemampuan dan pemahaman seluruh peserta sudah memenuhi standarisasi kebutuhan berdasarkan tingkat keilmuan yang rata-rata sarjana. “Mereka sudah mumpuni,” ujar Wigman.

Dengan adanya seleksi ini, kata Wigman, bagi mereka yang tidak lulus sudah masuk data best. “Jika sewaktu-waktu diperlukan penambahan perangkat desa, tidak perlu lagi seleksi, karena sudah ada data bestnya,” jelas Wigman yang menjabat Kabid PemDes pada DPPKBPMD, didampingi Budi Swasta, Kasi pada DPPKBPMD.

Seleksi perangkat desa dinilai penting untuk mengisi jabatan pada Kantor Kepala Desa. Seleksi ini, sebagai ajang tolak ukur, uji kompetensi peserta. Peserta seleksi diberikan materi tertulis dan wawancara masing-masing porsi materi 50 %. ” Seleksi ini uji kompetensi,” kata Budi. (yan/3).

Related posts