Pemda Diminta Antisipasi Banjir

No comment 141 views

 

Abdul Fatah

*Memasuki Musim Penghujan
 *Wagub :Bupati/Walikota Harus Sigap

PANGKALPINANG – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah meminta, agar pemerintah daerah aktif dalam mengantisipasi musibah banjir mengingat saat ini mulai musim penghujan, dengan melakukan program pencegahan dan antisipasi lainnya.

Ia meyakini, dengan program yang sudah direncanakan kedepan dapat mengurangi dan menanggulangi musibah banjir yang mengintai dikala musim hujan, khususnya di Pangkalpinang dan Belitung Timur.

“Kondisi sederhana yang harus diperhatikan kabupaten/kota itu saluran airnya, apakah itu lancar jangan sampai mampet karena ini bentuk antisipasi, mulai dari saluran harus diperhatikan, jangan sampai hal sepele justru menimbulkan masalah besar,” kata Fatah, Rabu (11/10/2017).

Dia mengatakan, masyarakat maupun bupati/walikota harus sigap terkait bencana, selain itu juga harus menjaga lingkungan. “Seperti kemarin banjir di depan Giant, karena pembangunannya, aliran air ditutup karena pembangunan, ini harus tegas pimpinannya dan kembalikan fungsi saluran air, drainasenya sehingga lancar,” pintanya.

Disinggung terkait potensi banjir yang mungkin terjadi kembali di Pulau Belitung, menurut Fatah masyarakat tidak perlu khawatir. Saat ini hulu Sungai Lenggang dalam keadaan kering, sehingga ketika intensitas hujan tinggi dengan debit air yang deras, dipastikan sungai dan aliran masih mampu menampung air. “Kalau kondisi hulu dari sungai lenggang yang jadi penyebab meluapnya air DAS ini posisinya kering sekarang, jadi tidak perlu dikhawatirkan,” imbaunya.

Mantan sekda Belitung ini menambahkan, saat ini pihaknya bersama tim advisory dan balai sumber daya air sedang melakukan kajian penyebab banjir dan memetakan penyelesaian banjir di Babel. Dengan adanya pemetaan ini, tinggal nanti pemerintah melakukan langkah-langkah antisipasi.

“Ada tiga titik yang belum terperhatikan, ini yang harus dimatchingkan dulu, tinggal lihat dan konversikan dengan tim dan balai SDA, kalau semua berjalan, saya yakin kita akan bebas banjir,” ujar Fatah. (nov/10)

No Response

Leave a reply "Pemda Diminta Antisipasi Banjir"