Pembinaan Bumdes Mulai 21 Oktober Hingga 6 November

  • Whatsapp

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan akan melakukan pembinaan terhadap Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPPAMD), Herman melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Kawasan Pedesaan, Dinas Sosial, Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPPAMD), Misunder mengatakan, pembinaan ini rencananya akan dilaksanakan di delapan kecamatan secara bergantian.

“Pembinaan Bumdes ini mulai kami laksanakan pada tanggal 21 Oktober sampai dengan 6 November dan pembinaan ini akan dilakukan terhadap 47 Bumdes yang telah terbentuk di Bangka Selatan,” jelasnya Rabu (23/10/2019).

Ia menyebutkan, materi pembinaan yang diberikan adalah tentang tata cara membuat laporan keuangan, kemajuan usaha dan menjamen usaha Bumdes.

“Pembinaan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM pengurus Bumdes agar dapat lebih berkompeten dalam mengelola Bumdes,” terangnya.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari Pemerintah Desa, bahwa sejak tahun 2017 hingga 2019 dari 47 Bumdes yang ada setidaknya penyertaan modal yang bersumber dari APBDes mencapai Rp 4,5 miliar.

“Untuk itu, pembinaan ini sangat penting agar kualitas SDM pengelola Bumdes meningkat, sehingga peruntukan dan menajemen terhadap penyertaan modal yang diberikan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai,” ujarnya.

Dari 47 Bumdes yang telah terbentuk, kata dia, setidaknya ada beberapa Bumdes yang telah memberikan kontribusi sesuai dengan persentasi perdes Bumdes.

“Sampai saat ini, desa yang telah berkontribusi memberikan PAD Desa, yakni Bumdes Tepus dan Tukak serta beberapa desa lainnya, Kami harap Bumdes dapat menjadi salah satu motor penggerak ekonomi, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” tandasnya. (raw/3)

Related posts