Pembibitan Sapi Babel Belum Maksimal

  • Whatsapp

Toni: Gubernur Punya Program Khusus

PANGKALPINANG- Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunnak) Pemprov Bangka Belitung (Babel), Toni Batubara mengatakan pihaknya akan lebih memperbanyak program pembibitan sapi untuk mengantisipasi permintaan sapi yang membludak ketika menjelang lebaran.

Menurutnya, saat ini juga sudah banyak pembibitan di Babel tetapi belum maksimal dan belum mampu mengcover kebutuhan sapi, baru sebatas kebutuhan sehari-hari yang itupun bibit masih didatangkan dari luar.

“Ada sapi di Belitung dan Beltim, tapi tak banyak, kedepan kita akan perkuat ini dan pak gubernur sudah punya program khusus nantinya terkait sapi ini,” kata Toni kepada wartawan, Senin (19/6/2017).

Ia menegaskan, pembibitan dan sapi potong tentunya berbeda, dimana untuk pembibitan atau memperbanyak populasi sapi akan diterapkan kepada penerima untuk melakukan pembibitan sapi, bukan untuk dipotong.

“Sementara untuk sapi daging atau sapi potong, itu berbeda, kalau untuk daging bisa saja nanti kerjasama dengan DKI seperti Bangka Barat,” imbuhnya.

Toni menambahkan, pemerintah punya program siwab (sapi indukan wajib bunting-red), dan bantuan kepada peternak, ada juga program memperkuat dan mempersiapkan Babel jadi pulau karantina.

“Problem kita sapi pembibitan masih didatangkan dari luar, ketika diternak oleh peternak turunan Madura, saya yakin ini berhasil, tapi ketika keluarga yang lain masih harus dikawal, peternak harus cinta dengan sapi kalah mau berhasil,” bebernya.

Toni berharap, persoalan di Belitung terkait tingginya harga sapi, dapat diantisipasi sehingga ketika hari -hari besar keagamaan, harga tidak sampai mencekik masyarakat. (nov/10)

Related posts