Pembentukan AKD Diharap tidak Deadlock

  • Whatsapp
Pimpinan DPRD Basel Sementara menyerahkan Palu Sidang kepada Pimpinan DPRD Basel yang baru.(foto: dedy).

Tidak Masalahkan Fraksi Mana Duduki AKD

TOBOALI – Anggota DPRD Bangka Selatan Samsir menyebutkan, setelah Alat Kelengkapan (AKD) DPRD dibentuk, maka skala prioritas yang akan dilaksanakan adalah menyetujui Hasil Analisa APBD Perubahan 2019, membahas Penyampaian KUA PPAS 2020, penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS 2020, serta penyampaian Raperda APBD 2020.

Politisi PKS ini berharap proses pembentukan AKD berjalan lancar tidak terjadi deadlock, sehingga dengan waktu tersisa APBD 2020 dapat diselesaikan 1 bulan sebelum memasuki tahun anggaran 2020 yaitu 30 November 2019.

“Kami tidak mempermasalah dari fraksi mana atau partai mana yang akan menduduki pimpinan AKD yang penting diisi orang yang memang kapabel dan memiliki kapasitas sebagai pimpinan AKD karena yang dibawa bukan lagi partai tetapi nama DPRD Bangka Selatan,” kata Samsir belum lama ini.

Sebelumnya, Jumat (4/10/2019) sore, pimpinan DPRD Basel yaitu Erwin Asmadi (Ketua), Muzani (Wakil Ketua I) dan Samson Asrimono (Wakil Ketua II) resmi diambil sumpah jabatannya oleh Ketua PN Sungailiat Fatimah.

Gubernur Babel diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Babel dalam sambutannya setelah pengambilan sumpah dan pelantikan, mengatakan, secara yuridis formal, telah memiliki dasar kekuatan hukum didalam melaksanakan tugas, fungsi dan kewajiban yang menjadi tanggungjawabnya, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Setelah adanya pimpinan DPRD yang definitif, pimpinan fraksi dan komisi serta aturan tata tertib yang mengatur mekanisme kerja dan pembagian tugas dan wewenang, maka rutinitas kerja dewan akan dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang kita harapkan. Cukup banyak tugas-tugas yang telah menanti uluran tangan kita semua, terutama yang menyangkut kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Basel Efendi Ali mengatakan, dengan dilantiknya pimpinan DPRD ini, diharapkan alat kelengkapan DPRD dan rencana kerja DPRD dapat segera ditetapkan, sehingga fungsi ideal DPRD dapat segera dijalankan.

Keberadaan pimpinan dan anggota DPRD periode tahun 2019-2024, diharapkan selain menjalankan fungsi ideal tersebut, mampu mendukung pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan swasta melalui program kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan swasta (public-private partnership).

“Kami optimis pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan yang baru dilantik ini, dapat mempercepat akselerasi kebijakan dalam pembangunan di Kabupaten Bangka Selatan. Hal tersebut karena ketiga pimpinan tersebut merupakan figur atau tokoh yang memahami arah pembangunan yang hendak di capai dalam visi misi Basel yang tertuang dalam RPJMD,” harap Efendi.

Ketua DPRD Basel Erwin Asmadi dalam kesempatan sama mengatakan, sebagai pimpinan sementara, dirinya telah memimpin rapat serta membentuk fraksi yaitu fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat Persaturan Pembangunan, Fraksi Keadilan Sejahtera Kebangkitan Bangsa, Fraksi Bintang Amanat Bersatu, menyusun dan membahas tatib, pengusulan DPRD definitif. (raw/3)

Related posts