Pembayaran Kekurangan Tunjangan Profesi dalam Proses

  • Untuk Guru Sertifikasi 2006-2008
  • Disdik tak Pernah Pegang Duit

SUNGAILIAT – Guru yang lulus sertifikasi di Kabupaten Bangka tahun 2010, untuk tunjangan sertifikasi 4 bulan terakhir sudah dibayar semua. Sedangkan kekurangan dana di 2010 sudah ada SK-nya yang akan dibayar pada 2011 melalui dana cary over.
Hal itu dikemukakan Suhendra selaku Kabid Sekolah Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangka, kepada Rakyat Pos, kemarin (10/1).
“Bagaimana kekurangan tunjangan profesi tahun 2011, bagi guru PNS atau bukan PNS yang bersertifikasi tahun 2009? Di PP 11 tahun 2011, antara gaji lama dengan gaji baru itu sudah ada SK-nya. Jadi, kekurangan gaji yang baru dengan kekurangan pembayaran 2010 masing – masing  ada SK-nya,” jelas Suhendra.
Sementara, bagi guru PNS yang sertifikasinya tahun 2006, 2007 dan 2008, untuk kekurangan pembayaran tunjangan profesi, karena perubahan kenaikan gaji, sudah ada SK dan sedang dalam proses pembayaran. SK tersebut bisa diambil di Disdik dan bisa di copy. Dalam SK tertera berapa nilai rupiah dan siapa yang membayar.
“Silahkan guru membaca di SK itu biar jelas. Untuk dananya dari APBN perubahan melalui dana dekonsentrasi Provinsi Babel. Yang mengurus pembayaran Disdik Provinsi, mereka yang mengajukan surat perintah membayar (SPM) ke Kantor Perwakilan Perbenbaharaan Negara (KPPM) di Pangkalpinang. Lalu KPPM berdasarkan SPM mentransfer ke rekening guru masing – masing,” urainya.
Mengenai tunjangan profesi bagi guru yang sertifikasi tahun 2006, 2007 dan 2008, kekurangan satu bulan pada Desember 2010, ditambahkan Suhendra, sampai hari ini pihaknya masih menunggu SK Mendikbud, sehingg belum tahu mekanisme pembayarannya. Setiap uang pemerintah yang keluar dari kas, ujranya, harus ada SK Mendikbud.
Lebih lanjut dikemukakan Suhendra, ada 2 jalur pembayaran tunjangan profesi, pertama melalui dana dekon, yaitu bentuk transfer bukan uang tapi berupa pemindahbukuan rekening dari rekening kas negara langsung ke rekening guru masing – masing. Kedua, lewat transfer daerah, yakni pemindahbukuan dari kas negara ke kas daerah Kabupaten Bangka.
Setelah ada SPM dari Disdik Kabupaten Bangka, jelasnya lagi, bendahara kemudian mentransfer ke rekening guru masing – masing.  Disdik perannya hanya membuat SPM dan pendataan guru, jadi tidak pernah melihat duit apa lagi memegang duitnya, dan tidak pernah duit nginep di Disdik, jadi tidak pernah terjadi pemotongan atau apapun itu,” tandasnya.
Seluruh guru PNS yang tidak menerima tunjangan profesi mendapatkan tunjangan tambahan penghasilan sebesar Rp250 ribu per bulan. Menurutnya tunjangan ini, disebut Tamsil bukan Tunjangan SBY. (snt/3).

Tags: