Pembayaran Gaji Ke-13 Tahun 2019

  • Whatsapp

Oleh : Mulyo Slamet
Kepala Kantor KPPN Pangkalpinang, Babel

Pada tahun 2019 ini, kembali Pemerintah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13. THR dan Gaji ke-13 tahun 2019 diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), Prajurit Tentara Nasional Indonesia, (TNI), Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), Pejabat Negara, Penerima Pensiun/Tunjangan dan Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Non Struktural. Pembayaran gaji ke-13 ini, disesuaian dengan kondisi keuangan negara.

Ketentuan pembayaran THR tahun 2019 tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2019, PP Nomor 37 Tahun 2019, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 58/PMK.05/2019 dan PMK Nomor .59/PMK.05/2019.

Adapun ketentuan pembayaran Gaji ke-13 tertuang dalam PP Nomor 35 Tahun 2019, PP Nomor 38 Tahun 2019, PMK Nomor 57/PMK.05/2019 dan PMK Nomor 60/PMK.05/2019.

Pada kesempatan ini, Penulis menyampaikan fokus pada pembayaran Gaji ke-13 bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, Penerima Pensiun/Tunjangan dan Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Non Struktural, tempat Penulis melaksanakan tugas di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN ) Pangkalpinang.

KPPN Pangkalpinang merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendahaaaan Kementerian Keuangan di daerah yang bertugas antara lain menyalurkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada intansi vertikal Kementerian/Lembaga. Penyaluran dana APBN tersebut antara lain meliputi Belanja Pegawai, Belanja Barang, Belanja Modal, dan Belanja Bantuan Sosial serta menyalurkan pula Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa kepada Pemerintah Daerah di wilayah kerja KPPN Pangkalpinang.

Pembayaran Gaji ke-13 Tahun 2019
Dana APBN yang disalurkan oleh KPPN Pangkalpinang kepada satuan kerja/ instansi vertikal Kementerian/Lembaga dan pemeritah daerah (DAK Fisik dan Dana Desa) meliputi Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka Selatan.

Alhamdulillah, KPPN Pangkalpinang telah membayarkan THR Tahun 2019 dan Tunjangan Kinerja sebesar 38,7 milyar rupiah yang diperuntukkan bagi 11.375 pegawai satuan kerja/instansi mitra kerja pada tanggal 24 Mei 2019 yang lalu. THR diberikan sebesar gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja berdasarkan penghasilan/gaji bulan April 2019.

Selanjutnya, untuk pembayaran Gaji Ke-13 Tahun 2019 diatur dalam PMK Nomor 57/PMK.05/2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.05/2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji, Pensiun atau Tunjangan Ketiga Belas kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indoesia dan Penerima Pensiun dan Tunjangan dan PMK Nomor 60/PMK.05/2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK.05/2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Penghasilan Ke-13 kepada Pimpinan dan Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Non Struktural. Lembaga Non Struktural dimaksud antara lain meliputi Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Gaji ke-13 tahun 2019 diberikan kepada PNS dan Calon PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, pejabat negara, penerima pensin dan penerima tunjangan serta kepada pejabat lain dan pegawai lainnya yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian/pejabat yang memiliki kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Gaji ke-13 Tahun 2019 akan dibayarkan mulai tanggal 2 Juli 2019. Adapun unsur pembayaran Gaji ke-13 Tahun 2019 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja. Gaji ke-13 Tahun 2019 ini, diberikan sebesar penghasilan bulan Juni 2019. Melalui pembayaran Gaji ke-13 ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para PNS dan Calon PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, pejabat negara, penerima pensin dan penerima tunjangan serta kepada pejabat lain dan pegawai lainnya antara lain dalam rangka membantu biaya pendidikan putra-putri para PNS dan Calon PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, pejabat negara, penerima pensiun dan penerima tunjangan serta kepada pejabat lain dan pegawai lainnya, yang pada bulan Juli 2019 memasuki tahun ajaran baru.

Gaji ke-13 Tahun 2019 tidak diberikan kepada PNS, Prajurit TNI dan Anggota POLRI yang sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara atau yang ditugaskan di luar instansi Pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasannya.

Hal-hal yang perlu mendapat perhatian bagi satuan kerja/instansi vertikal dalam wilayah kerja KPPN Pangkalpinang antara lain: mempersiapkan dan segera mengajukan permintaan pembayaran atau Surat Perintah Membayar (SPM) Gaji ke-13 tahun 2019 tersebut berdasarkan Gaji bulan Juni 2019.

Dalam hal PNS/TNI/POLRI/Pejabat Negara/Pegawai Lainnya pensiun terhitung mulai tanggal 1 Juli 2019, maka Gaji ke-13 dibayarkan oleh satuan kerja/instansi berkenaan. Sedangkan apabila PNS/TNI/POLRI/Pejabat Negara/Pegawai Lainnya pensiun terhitung mulai tanggal 1 Juni 2019, maka kepada PNS/TNI/POLRI/Pejabat Negara/Pegawai Lainnya diberikan Pensiun ke-13 yang dibayarkan oleh PT Taspen atau PT Asabri.

Catatan kami atas pembayaran Gaji dan Tunjangan Kinerja ke-13 tahun 2018 sebesar 38,2 milyar rupiah untuk PNS dan Calon PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, pejabat negara, penerima pensiun dan penerima tunjangan serta kepada pejabat lain, dan pegawai lainnya di wilayah pembayaran KPPN Pangkalpinang. Sedangkan pembayaran Gaji bulan Juni 2019 sebesar 38,7 milyar rupiah untuk 8.576 pegawai.

Berdasarkan data di atas, diperkirakan pembayaran Gaji ke-13 tahun 2019 pada KPPN Pangkalpinang sebesar 38,7 milyar rupiah atau terdapat kenaikan 1,3 % dari pembayaran Gaji ke-13 tahun 2018 lalu. Hal tersebut antara lain adanya kenaikan gaji pegawai pada tahun 2019 ini.

Sebagai penutup, dengan adanya Gaji ke-13 tahun 2019 yang diberikan Pemerintah kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, Penerima Pensiun/Tunjangan dan Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Non Struktural ini, semoga dapat meningkatkan kesejahteraan dan membantu biaya pendidikan putra-putri para PNS, TNI, POLRI, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun/Tunjangan, mengingat mulai bulan Juli 2019 kita memasuki tahun ajaran baru.

Pemberian Gaji ke-13 tahun 2019 ini juga mempertimbangan kemampuan keuangan negara. Saat ini, kondisi keuangan negara cukup baik, sehingga pemerintah dapat memberikan Gaji ke-13 seperti tahun lalu, dan KPPN Pangkalpinang siap untuk menyalurkan pembayaran Gaji ke-13 tersebut.

Pemberian Gaji ke-13 tahun 2019 ini, disamping dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para PNS, TNI, POLRI, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun/Tunjangan, diharapkan dapat meningkatkan kinerja. Dalam hal ini, Kinerja para PNS, TNI, POLRI, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun/Tunjangan, kiranya perlu ditingkatkan seiring kemajuan zaman, kemajuan teknologi dan informasi di tengah-tengah kita. Para PNS, TNI, POLRI, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun/Tunjangan, juga perlu kiranya belajar terus-menerus meningkatkan kemampuan/kompetensi diri dan layanan kita sebagai abdi negara seiring era globalisasi/kejagad rayaan ini.

Semoga kita dapat menikmati pembayaran Gaji ke-13 ini, dan bermanfaat untuk meningkatkaan kesejahteraan kita. Kesejahteraan yang antara lain guna membantu biaya pendidikan putra-putri dalam memasuki tahun ajaran baru seraya meningkatkan kemampuan/kompetensi kita. (***).

Related posts