Pembangunan Pasar Inpres Sungailiat Batal

No comment 164 views

Dana Pusat Rp 3 M Dikembalikan

SUNGAILIAT – Pembangunan Pasar Inpres yang sebelumnya direncanakan akan dilaksanakan tahun ini dipastikan batal. Pembangunan pasar yang biasa menjadi langganan banjir itu dikarenakan lahan yang ada tidak memenuhi syarat. Alhasil, dana pembangunan Rp3 miliar bersumber APBN dikembalikan ke pusat.

Hal ini dibenarkan Thony Marza selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Selasa (14/11/2017). Awalnya, kata dia, pemda berinisiatif untuk pindah daerah ke belakang pasar tapi ternyata lokasi tersebut diakui oleh masyarakat sebagai milik perorangan.

“Jangan nanti sudah pelaksanaan, sampai macet di jalan jadi ditunda. Mudah-mudahan tahun 2018 dibangun. Sekarang sedang dilakukan peninggian tanah. Kalau sudah tinggi, banjir tidak ada lagi” ujar Thony.

Disinggung soal dana APBN Rp3 miliar untuk pembangunan pasar tersebut, menurut dia dikembalikan ke pusat. Alasan waktu, menurut dia sudah mendesak. “Pelaksanaan DAK tidak seperti dulu. Per tanggal 1 Juli harus termin pertama, sedangkan kita waktu terdesak,” ungkapnya.

Selain pasar, nantinya kata Thony di kawasan Pasar Inpres akan dibangun UPT Metrologi dan pengomposan. Dia pun memastikan pasar yang ada sekarang dengan kondisi bangunan memprihatinkan akan dilakukan peremajaan.

Sementara itu, Sekda Bangka, H. Fery Insani mengemukakan jika pembangunan Pasar Inpres dari DAK APBD pada tahun ini dan belum terealisasi. “Permintaan masyarakat agar dibangun. Kita bangun landasan dulu dari APBD. Ditembok atau dikeraskan dulu, kalau tidak, tidak mungkin. Setelah itu baru dilakukan pembebaskan lahan sebagai langkah awal pengembangan kawasan,”kata Fery, Selasa kemarin. (snt/10)

No Response

Leave a reply "Pembangunan Pasar Inpres Sungailiat Batal"