Pembangunan Jembatan Bangka-Sumatera Bakal Telan Anggaran Rp20 Triliun

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Babel, Noviar Ishak

PANGKALPINANG – Jika jadi dibangun, jembatan penghubung Pulau Bangka dengan Sumatera (Bahtera) dengan panjang 15,2 kilometer diperkirakan akan menelan dana Rp20 triliun.

“Perkiraan kalau 15,2 kilometer, ya bisa Rp 20 triliun, tentunya proyek ini harus masuk proyek strategis nasional,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Babel, Noviar Ishak kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Saat ini, dia menambahkan untuk pembangunan jembatan tersebut dalam tahap pra studi kelayakan. “Kami menyusun dokumen pra studi kelayakan sebagai dasar dan rencana strategis dengan kajian-kajian dan potensi terhadap rencana proyek ini,” kata Noviar.

Semestinya, kata Noviar, pemerintah pusat juga menyetujui rencana pembangunan jembatan tersebut, karena jembatan tersebut dapat membuka kran menuju tol trans Sumatera.

“Dampak positif lainnya seperti angkutan dan logistik, serta kebutuhan masyarakat banyak, maka semestinya pemerintah pusat juga menyetujui rencana pembangunan jembatan ini,” katanya.

Rencana pembangunan jembatan ini, menurut Noviar, sudah lama diinginkan oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman. Gubernur, kata dia, sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan jajaran Pemprov Sumsel dan ke pemerintah pusat.

Bahkan ketika kunjungan Presiden Joko Widodo ke Pangkalpinang beberapa waktu lalu, gubernur, kata dia, sudah menyampaikan rencana pembangunan jembatan ini.

Noviar mengatakan direncanakan ada tiga alternatif pasangan lokasi yang mungkin menjadi lokasi pembangunan jembatan, baik dari sisi Pulau Bangka dan sisi Pulau Sumatera.

Lokasi pertama, menurut dia, adalah Tanjung Punai-Bangka Barat ke Juru Taro-Banyu Asin dengan perkiraan panjang jembatan 22,6 kilometer.

“Lokasi kedua adalah Tanjung Pura -Bangka Tengah ke Sungai Batang (OKI) dengan panjang jembatan 23,1 kilometer dan Sebagin-Bangka Selatan ke Tanjung Tapak (OKI) dengan panjang jembatan 15,2 kilometer,” katanya. (nov)

Related posts