Pembangunan Embung Sungai Ulu Dianggarkan Rp12 Miliar

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Upaya penanganan banjir di Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) memang menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel), melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

Salah satunya dengan pengajuan kucuran anggaran dari APBD 2020 untuk pembangunan embung di Kampung Ulu. Pengajuan ini pun mendapat respon dari Komisi III DPRD Babel untuk menyetujui pembangunan senilai Rp12 miliar tersebut.

Demikian yang disampaikan Ketua Komisi III DPRD Babel, Dedi Wijaya kepada wartawan, Rabu (11/9/2019). Dedi menilai, usulan Dinas PUPR tersebut memang termasuk skala prioritas dalam hal penangan permasalahan banjir di Muntok.

“Ya, sudah kami setujui,” katanya. Namun, persetujuan dari Komisi III tersebut disertai atensi dalam hal urusan yang dibebankan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang bersangkutan.

“Tapi dengan catatan persoalan lahannya harus diselesaikan terlebih dahulu oleh Dinas PU Kabupaten, seperti ganti rugi lahannya harus clear di 2019 ini agar 2020 pembangunan embung Sungai Kampung Ulu ini bisa terlaksana,” ujarnya.

Untuk itu, ia menyarankan, agar Dinas PUPR Babel dapat berkoordinasi dengan Pemkab Babar terkait persoalan tersebut sehingga anggaran yang dikucurkan tidak menjadi percuma. Sebab dinilai, selama ini banjir di Muntok terjadi karena pendangkalan Sungai di Kampung Ulu.

“Kita juga minta kegiatan ini harus mulai dikerjakan tahun 2020. Makanya kita harap persoalan lahan itu dapat diselesaikan tahun ini, kalau tidak ya percuma kita anggarkan. Sebab ini sudah masuk dalam kegiatan prioritas agar bisa mengurangi banjir yang selalu terjadi setiap tahunnya,” pungkasnya. (ron/10)

Related posts