by

Pemandu Wisata Jadi Garda Hadapi MEA

-Bangka-42 views

 

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin saat membuka pelatihan pemandu pariwisata terpadu di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat, Selasa (12/3/2019). (foto: istimewa)

SUNGAILIAT-Wakil Bupati Bangka, Syahbudin berharap kepada para pemandu wisata dapat meningkatkan dan menambah pengetahuan serta wawasan agar dapat memberikan pelayanan prima sesuai dengan fungsi dan tugasnya. Pemandu wisata, diharapkan dapat menjadi salah satu garda di bidang pariwisata menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Demikian dikatakan Syahbudin saat membuka pelatihan pemandu wisata terpadu standarisasi pelayanan pemandu wisata dan operator angkutan wisata Kabupaten Bangka yang digelar Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Dinparpora), di ruang pertemuan Cendrawasih Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Selasa (12/03/2019).

Dia berharap dengan pelatihan yang dilaksanakan bisa diikuti dan dipahami secara baik dan memberikan manfaat bagi semua. Dengan pelatihan diharapkan dapat tumbuh pemandu pariwisata yang profesional. Ia juga berharap pelatihan yang terkait perkembangan pariwisata dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di tahun-tahun yang akan datang.

“Satu faktor yang penting dalam mempromosikan parawisata adalah memberikan pelayanan dan mengemasnya dengan sebaik mungkin sehingga wisatawan dapat merasakan kesan yang mendalam terhadap keindahan wisata di Bangka.Oleh karena itu, kita perlu melibatkan semua pihak yang bergerak di usaha keparawisataan ini di wilayah Kabupaten Bangka, dengan harapan nantinya Kabupaten Bangka nantinya akan menjadi salah satu destinasi parawisata tingkat nasional maupun internasional, ” ungkapnya.

Syahbudin menambahkan, di sektor parawisata potensi Kabupaten Bangka patut dibanggakan. Di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Bangka memiliki keindahan alam yang dipadu dengan keanekaragaman budaya dan peninggalan sejarah yang tidak ternilai harganya dan hal ini menjadikan Kabupaten Bangka sangat menarik dan layak untuk dikunjungi oleh banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, Kepala Dinparpora Kabupaten Bangka, Asep Setiawan selaku Ketua pelaksana kegiatan mengatakan kegiatan yang digelar memang dirancang dalam rangka upaya untuk perbaikan mutu pelayanan kepariwisataan di Kabupaten Bangka dan sesuai dengan kondisi dan visi misi yang dibebankan kepada dinasnya serta dalam rangka menuju Bangka Setara yaitu untuk parawisata yang berskala nasional.

Kegiatan pelatihan digelar selama dua hari dimulai 12 Maret-13 Maret 2019 diikuti 40 peserta dari travel agen, driver angkutan pariwisata dan pelaku pariwisata. Adapun narasumber dalam kegiatan ini yaitu dari Perhimpunan Pemandu Wisata Indonesia (PPWI) Perwakilan Provinsi Bangka Belitung dan dari PPWI Pusat. (2nd/rls/10)

Comment

BERITA TERBARU