by

Pelayanan Adminduk Dinilai Sudah Cukup Baik

-Belitong-108 views
Bupati Beltim menyerahkan foto bersama penerima program GISa7 in 1 dokumen kependudukan di Beltim.(foto: rell).

MANGGAR – Pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Beltim mendapat pujian dari Bupati Beltim Yuslih Ihza.

Yuslih menilai Pelayanan Adminduk Beltim sudah cukup baik. Hanya saja Yuslih berharap adanya peningkatan pada sarana dan prasarana penunjang yang sudah kurang memadai.

Menurutnya, pelayanan prima itu dapat dilihat dari besarnya jumlah akta dan perekaman administrasi kependudukan. Ia juga menyebut inovasi pelayanan yang terus dilakukan.

“Saya lihat dan dengar pelayanan Dukcapil kita sangat baik. Malah tahun ini, kita termasuk yang terbaik ke dua se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkap Yuslih seusai Peninjauan Pelayanan Publik di Disdukcapil Beltim, Senin (14/5/2018).

Pada tahun 2017 lalu, Disdukcapil Beltim memperoleh penghargaan nasional untuk pelampauan target Pencaian Akte lahir 0-18 tahun. Penghargaan Ombudsman Predikat kepatuhan tertingi terhadap pelayanan publik juga dicapai.

“Disdukcapil kita terus melaksanakan Kegiatan Jemput Bola dengan melakukan perekaman KTP-Elektronik bagi penduduk lanjut usia dan disabilitas. Kegiatan Akta Siap Saji di RSUD juga menjadi salah satu bagian kegiatan Kabupaten Beltim untuk mengikuti Kegiatan Inovic 2018,” bebernya.

Namun Mantan Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Babel itu menyatakan masih banyak yang perlu ditingkatkan dalam pelayanan, terutama terkait sarana dan prasarana. Banyak alat-alat untuk perekaman dan penunjang lainnya yang kurang layak digunakan.

“Dari Kemendagri sudah meminta agar sarana dan prasarana yang masih kurang baik dapat ditanggulangi dari APBD baik Kabupaten maupun Provinsi. Apa yang bisa kita anggarkan segeralah dianggarkan untuk perbaikan,” kata Yuslih.

Hal sama juga diungkapkan oleh Kepala Bidang Kependudukan Pencatatan Sipil Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Rakhmawati. Rakhma mengatakan Disdukcapil Beltim dapat mengangkat nama baik Provinsi Kepulauan Babel.

“Saya merasa bahwa Disdukcapil Beltim itu sudah membantu meningkatkan nama baik Provinsi saat Rakornas Dukcapil di Gorontalo dengan memperoleh Penghargaan Akta Kelahiran Terbaik se Indonesia,” terang Rakhma.

Diakuinya, Capaian Akta di Kabupaten Beltim adalah yang tertinggi se Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Sedangkan untuk perekaman di tiap Kabupaten/kota rata-rata sudah cukup tinggi.

“Beltim itu Capaian Aktanya sudah 97,6 persen, paling tinggi. Diikuti oleh Kabupaten Belitung dan Kabupaten Bangka Tengah,” tukas Rakhma.

Namun Rakma menyatakan kekurangan Pelayanan Disdukcapil adalah dipublikasi media. Ia pun meminta agar wartawan dan Diskominfo Beltim lebih sering memberitakan tentang pelayanan administrasi kependudukan.

“Eksposenya yang kurang. Kayaknya kegiatan apa-apa di Beltim ini dak nampak di media. Bukan hanya saya, tapi tim evaluasi yang turun ke sini juga ngomong seperti itu,” imbuhnya. (dny/kmf/3)

Comment

BERITA TERBARU