by

Pelapor Gubernur Dua Kali Mangkir Bawaslu

-NEWS-220 views

Tak Hadir Penuhi Panggilan
Bawaslu Segera Putuskan Hasil

PANGKALPINANG – Pelapor yang mengadukan pose dua jari Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman beserta Kepala Dinas Kehutanan H. Marwan dan pejabat Biro Ekonomi Setda Pemprov Babel ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Babel, sepertinya hanya melapor saja tanpa mau memberi keterangan lebih lanjut.

Sebab, sudah dua kali dipanggil secara patut oleh Bawaslu dengan kiriman surat, tetap saja pelapor itu mangkir alias tidak memenuhi panggilan pengambilan keterangan.Akibatnya, tim Bawaslu hanya mendapatkan klarifikasi dari para terlapor, termasuk keterangan Gubernur Babel tanpa dapat mengkonfrontir lagi aduan pelapor dengan keterangan terlapor.

Karena itu, direncanakan dalam waktu dekat, Bawaslu akan mengumumkan keputusan atas dugaan pelanggaran Pemilu yang dilaporkan itu usai rapat pleno komisioner.Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Babel Jafri ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (21/2/2019).

“Semua keterangan terlapor sudah, tapi pelapor kita undang dua kali tidak hadir,” kata Jafri seraya menyebutkan pihaknya masih terus mengumpulkan bukti-bukti sembari menunggu pelaksanaan rapat pleno. “Dalam waktu dekat akan kita putuskan hasilnya,” tukas dia.

Seperti dilansir sebelumnya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman akhirnya mendatangi Sekretariat Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bangka Belitung (Bawaslu Babel), Selasa sore (12/2/2019) dalam dugaan pelanggaran Pemilu.

Kehadiran Erzaldi untuk memenuhi panggilan kedua dari Bawaslu, setelah pada panggilan pertama tidak datang dengan alasan surat panggilan tidak diterima dirinya. Ia membantah sengaja mangkir dari panggilan Bawaslu terhadap kasus simbol jari dirinya bersama beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang fotonya sempat viral di media sosial.

“Saya ingin klarifikasi dulu, bukan saya mangkir. Pertama, surat itu belum saya terima. Kedua saya baca di koran, baru saya cek ke sekretaris kata Bawaslu sudah ada, fisiknya sampai sekarang belum saya lihat. Nanti akan saya cek ke TU pimpinan. Saya dipanggil sehubungan diduga melakukan salam yang mengarahkan kepada salah satu paslon presiden. Saya sampaikan, itu bukan dukungan ke salah satu paslon tapi itu Salam Lestari. Itu spontan, memasang tanda bersama dengan masyarakat seperti itu,” ungkap Erzaldi di Sekretariat Bawaslu Babel usai dimintai klarifikasi oleh para komisioner.

Dia menjelaskan, simbol dua jari dalam foto yang dilakukan beberapa waktu lalu memang dalam acara kedinasan. Tapi terkait penanaman pohon kembali di Desa Rebo, Kabupaten Bangka. Menurutnya, saat itu salah satu perusahaan atau kelompok masyarakat mendapatkan izin dari Dinas Kehutanan untuk mengelola hutan lindung sebagai salah satu tempat kegiatan pariwisata.

Erzaldi mengaku, ditanya-tanya oleh para komisioner Bawaslu selama satu jam. Sebanyak 25 pertanyaan yang diajukan, dimintakan klarifikasi. Terkhusus tentang simbol jari yang viral.

“Panjang juga, satu jam (dimintai keterangan-red). Semua pecinta alam sikapnya melestarikan alam. Salam Lestari, dilakukan untuk melakukan aktivitas dan melindungi alam. Ada 25 pertanyaan dan bagus juga, artinya Bawaslu tidak main-main. Saya menghargai, Bawaslu memang sesuai undang-undang sudah ditugaskan untuk itu. Sebagai warga negara yang baik, harus memenuhi itu. Datang sajalah,” jelasnya.

Ketua DPD Partai Gerindra Babel ini menyatakan bersedia dipanggil kembali oleh Bawaslu Babel, jika dibutuhkan keterangan tambahan. “Saya rasa Bawaslu lah yang tugasnya mengklarifikasi salah tidaknya. Kalau salah kenapa, kalau tidak salah kenapa, kan mereka yang tau. Saya mengikuti saja. Yang pasti di Kementerian Kehutanan sering menggunakan (simbol) ini. Salam Literasi untuk pendidikan,” tuturnya.

“Di angkatan 87 TNI dan Polri, De Laju (simbol jari juga). Tapi tergantung interpretasi kita. Tapi itu bukan saya yang menilai, silahkan Bawaslu lah. Saya salut, Bawaslu memanggil sesuai dengan fungsi dan tugasnya,” tandas Erzaldi. (ron/1)

Comment

BERITA TERBARU