by

Pelantikan Wakil Bupati Bangka Tengah, Ketua DPRD: Itu Wewenangnya Pak Gubernur

Dalam Waktu Dekat ke Kemendagri

KOBA – Pelantikan terhadap Wakil Bupati Bangka Tenga terpilih Yuliyanto Satin hingga sekarang belum ada kejelasan. Pihak DPRD Bangka Tengah sendiri saat dikonfirmasi Rakyat Pos mengaku tidak mengetahui sampai dimana berkas Wabup terpilih karena sudah menjadi wewenang Gubernur Bangka Belitung, bukan wewenang DPRD Bangka Tengah.

“Soal pelantikan Wabup Bateng terpilih kami tidak tahu, tanya ke Gubernur, karena itu wewenangnya Pak Gubernur Babel,” ujar Ketua DPRD Algafry Rahman, Kamis (13/9/2018).

Dikatakannya, tugas DPRD hanya menyampaikan hasil berita acara pelantikan dan nama Wabup Bateng Terpilih. “Sedangkan berkas Wabup tersebut telah kami serahkan sepenuhnya kepada Gubernur Babel diteruskan ke Menteri Dalam Negeri untuk disahkan,” tegasnya.

Saat disinggung soal batas waktu, tidak ada aturan yang mengatur kata Politisi Partai Golkar tersebut. Ia pun mengaku tidak tahu dan belum mendapat informasi dari Kementerian Dalam Negeri maupun Gubernur Babel terkait kapan jadwal pelantikan Wabup Bangka Tengah ini.

“Aturannya memang tidak ada batasan sampai kapan proses pelantikan ini, karena saya juga belum dapat info baik dari Kemendagri dan Gubernur,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat ada wacana ke Kementrian Dalam Negeri dan Gubernur Babel untuk menanyakan perihal berkas Wabup Bateng terpilih sampai dimana. “Nanti saya akan tanya ke Mendagri dan Gubernur Babel udah dimana berkasnya kendati bukan wewenang kami,” tuturnya.

Untuk diketahui, Yuliyanto Satin Wabup Bangka Tengah terpilih pada tanggal 23 Juli 2018 lalu melalui Sidang Paripurna DPRD Bangka Tengah dengan agenda pemilihan Wakil Bupati di Gedung Diklat Bangka Tengah. Dalam pemilihan itu, Yuliyanto Satin unggul 20 suara dari rivalnya Suwarno yang meraih 4 suara. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU