Pelanduk Terjungkal di Dor Polisi

  • Whatsapp
Rofika alias Pelanduk, berikut barang bukti sejumlah HP yang diamankan Tim Buser Polres Basel. (foto: Dedi Irawan)

Pelaku Spesialis Curat
Aksi Banyak TKP

TOBOALI – Berakhir sudah sepak terjang Ropika alias Pelanduk (25), warga Air Lingga Toboali Kabupaten Bangka Selatan.
Pelaku spesialis pembobol rumah yang kerap meresahkan masyarakat Toboali ini, akhirnya berhasil diringkus dan dihadiahi timah panas di kaki kanannya.
Pelanduk ditangkap anggota Tim Buru Sergap Sat Reskrim Polres Basel ketika sedang nongkrong dilapangan bola, Gang Merpati Koba, Bangka Tengah, Minggu (17/2/2019) kemarin.
Naasnya, saat hendak ditangkap pelanduk berupaya kabur dan melawan. Akibatnya pelaku terpaksa dilumpuhkan petugas dengan peluru tajam.
Kapolres Bangka Selatan, AKBP Aris Sulistyono melalui Kabag Ops, Kompol Irwan membenarkan telah berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan dengan pelaku Ropika alias Pelanduk.
“Pelaku berhasil diamankan sekira pukul 01.00 wib, saat sedang nongkrong di lapangan bola Gang Merpati, Koba, Bangka Tengah, ” ujar Kompol Irwan, Senin (18/2/2019).
Ia mengatakan, pelaku memang sudah lama jadi buruan petugas, karena diduga telah melakukan beberapa kali tindak kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat).
Bahkan, pelaku diduga sedikitnya telah membobol rumah di 10 lokasi berbeda. Namun, pelaku selalu berhasil kabur dari petugas yang akhirnya berhasil diringkus petugas.
“Namun sementara menurut keterangan pelaku dari hasil introgasi, selain melakukan pencurian di Desa Keposang belum lama ini, pelaku juga telah melakukan pencurian di TKP lainnya sesuai laporan polisi•LP/B-61/I/2019/BABEL/RES BASEL/SPKT, tanggal 25 Januari 2019, dan LP/B-86/I/2019/BABEL/RES BASEL/Sek Toboali, tanggal 31 Januari 2019,” ungkapnya.
“Pemeriksaan masih kita lakukan guna penyelidikan lebih lanjut,” tambahnya.
Pelanduk terakhir membobol rumah pada Minggu (03 Februari 2019) di Desa Keposang, Toboali. Dalam aksi tersebut, pelaku berhasil menggondol uang sebesar Rp 15.000.000, dan tiga unit hanphone milik korban.
“Kejadiannya dinihari sekitar pukul 03.00 Wib, modus pelaku merusak pintu dengan cara dicongkel namun saat pelaku masuk korban sempat terbangun dan langsung teriak, korban juga kenal dengan pelaku kemudian melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. Atas laporan tersebut anggota langsung bergerak cepat dan berhasil mengamankan pelaku berikut barang bukti dua unit hanphone serta beberapa unit Hp yang diduga merupakan hasil curian,” pungkas Irwan. (raw/6)

Related posts