Pelaku Penggelapan Dana Desa Ditangkap

Tidak ada komentar 471 views

Seleweng Uang Proyek GSG dan Dermaga

TANJUNGPANDAN – Polres Belitung menahan dugaan Pelaku penggelapan dana pembangunan Gedung Serbaguna dan Dermaga di Desa Pulau Sumedang, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Minggu (13/8).
Abdil Musaddad (32) warga asal Jalan Tembesu RT 01/03 Kelurahan Pasar 1, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) adalah mantan pendamping Desa di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.
Pelaku dilaporkan oleh seorang kontraktor, seddy Aidi Junanto (27) setelah dididuga menyelewengkan Anggaran proyek pembangunan gedung serba guna dan dermaga Pulau sumedang sehingga korban mengalami kerugian
ratusan juta rupiah.yang sudah diselewengkan oleh pelaku Abdil itu, terbilang sangat besar, yaitu mencapai ratusan juta rupiah.
“Pelaku sudah kami tahan setelah sempat kabur. sudah resmi kami amankan jum,at (11/8),” ungkap Kanit Resum Satreskrim Polres Belitung, Aipda Guslandi Yamani kepada Rakyat Pos, Minggu (13/8).
Polisi menjemput pelaku yang pernah tinggal di Jalan Mualim Air Pelempang Timur RT 16/04 Desa Air Pelempang Jaya, Kecamatan Tanjungpandan ini dikampung halamannya. Saat itu lelaki yang sudah memiliki keluarga ini sedang berada dirumah orang tua.
Rumah orang tua nya tersebut di Jalan Rama VII, Kelurahan Alang – Alang, Kecamatan Alang-Alang, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Ketika di jumpai oleh polisi, pelaku tidak melawan dan langsung digiring oleh polisi ke Polsek setempat.
“Disitu kami menitipkan pelaku dan diminta keterangan . setalah itu pelaku kami bawa ke Belitung menggunakan pesawat. Kami memang sudah lama dicari, dan memang sempat melarikan diri,” ujarnya.
Peristiwa penggelapan sekaligus penipuan, bermula terjadi sekitar bulan Juni 2016 lalu. Pelapor baru melaporkan peristiwa ini, Rabu (22/3) lalu ke Polres Belitung. Uang yang digelapkan oleh pelaku ini, berupa uang pembelian bahan material dan biaya pekerjaan pembangunan.
Secara keseluruhan, sumber dana yang digelapkan oleh pelaku ini adalah Dana Desa Pulau Sumedang. Polisi kini telah melakukan pemeriksaan kepada sejumlah saksi dan memintai keterangan melalui Berita Acara Pemeriksaan (BAP).
“Saksi-saksi sudah kami periksa, termasuk pak Kades Pulau Sumedang. Kalau uang yang sudah digelapkan oleh pelaku sebesar Rp 445.460.500,-,” kata Guslandi Yamani.
Secara keseluruhan, dana untuk dua pembangunan itu sebesar Rp 1,6 miliar tersebut telah diserahkan kepada pelaku. Namun sebagian uang itu tidak sampai dari ke pelapor Seddy, dan berujung penyelesaian kasus ke jalur hukum.
Jadi, lanjut Guslandi, uang dari kades dititipkan kepada pelaku untuk diserahkan kepada korban atau terlapor Seddy dan ternyata hanya sebagian uang disampaikan kepada korban, sebagian lagi tidak.
Polisi menjerat pelaku, kini dengan pasal 372 KUH Pidana dengan ancaman 4 tahun kurungan. Polisi masih terus mendalami kasus ini, dan memeriksa sejumlah saksi – saksi buat dimintai keterangan. (yan/6)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pelaku Penggelapan Dana Desa Ditangkap"