Pejabat Pemprov Bakal Mutasi Massal

  • Whatsapp

Mendagri Setujui Usulan Pergantian Jabatan
8 Pejabat Eselon II Digeser

PANGKALPINANG – Usulan mutasi massal pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) yang dilayangkan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Roesman Djohan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ternyata sudah disetujui. Artinya dalam waktu dekat akan dilakukan mutasi besar-besaran mulai dari jabatan eselon II, III dan IV dengan jumlah jabatan kurang lebih 50 bidang jabatan yang akan dilakukan pergeseran.
Wagub Babel, Abdul Fatah menegaskan, berdasarkan undang-undang Pilkada, kepala daerah sebelum masa enam bulan menjabat memang tidak diperkenankan melakukan mutasi, kecuali seizin Mendagri.
“Kita (ajukan) eselon II, II, dan IV, cuma eselon II sudah dapat persetujuan dan perlu koordinasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), untuk hadirkan siapa orang-orang (panitia) yang akan dilakukan seleksi pegawai ini, karena kita akan terapkan sistem lelang terbuka atau open biding,” jelasnya kepada wartwan Senin (3/7/2017).
Fatah menambahkan, kepemimpinan Erzaldi dan dirinya akan membuka lembaran baru kabinet Pemprov Babel. Untuk jabatan tinggi akan dilakukan sistem lelang terbuka, sehingga pejabat yang sudah memenuhi syarat dan berkompetensi diperkenankan untuk mengikuti seleksi.
“Silahkan ikut kalau pangkat dan jabatannya memenuhi syarat, kamu (menunjuk wartawan-red) juga boleh ikut kalau kamu pegawai negeri sipil,” imbuhnya seraya bercanda.
Ia tak menampik, ketika disebut ada delapan jabatan eselon II yang disebut-sebut sudah diusulkan ke Mendagri untuk dilakukan pergantian.
“Yang sudah masuk semuanya didorong ke KSN, nanti yang seleksi adalah KSN, kita akan utamakan transparansi, sehingga ada kepuasan dan kesempatan bersaing,” tegasnya.
Sedangkan untuk jabatan eselon III dan IV disebutkan Fatah sekitar 50 bidang jabatan yang akan dilakukan pergantian, dengan sistem pengamatan kompetensi terbatas.
“Kita sudah persiapkan, tinggal menunggu waktunya saja, yang jelas kami ingin mendapatkan pegawai yang betul-betul ingin bekerja mengabdi kepada masyarakat,” demikian Fatah.

Walikota Ganti 76 Pejabat
Sementara, Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah telah melakukan mutasi besar-besaran terhadap pejabat yang berdinas di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang, Senin (3/6/2017).
Pengumuman mutasi para pejabat usai libur panjang Idul Fitri itu, digelar di halaman Gedung Tudung Saji Pangkalpinang. Sebanyak 76 orang pejabat Eselon II, III, dan Eselon IV dirombak oleh Politisi PDIP tersebut.
Irwansyah mengatakan, mutasi itu dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan perlu adanya penyegaran serta promosi sebagai promosi jabatan bagi para pegawai yang berprestasi di Pemerintahan Kota Pangkalpinang, dan ini tentu menjadi suatu hal yang luar biasa.
“Siapapun bisa menjadi seorang pemimpin. Dan jika diberikan amanah untuk menjadi pemimpin maka jadilah contoh bagi anak buah yang dipimpinnya,” ujar Wawan sapaan Irwansyah.
Dia menyebutkan, untuk mengetahui perkembangan dan integritas kinerja para pejabat yang baru dimutasi, dirinya meminta kepada seluruh pejabat eselon 2, 3, dan 4, Senin depan melakukan penandatangan pakta integritas.
“Penandatangan integritas ini adalah adalah sebagai sebuah komitmen keseriusan mengemban amanah dan akan ada evaluasi selama tiga bulan kedepan. Jadi seluruh pejabat akan saya lakukan evaluasi dan tidak menutup kemungkinan tiga bulan kedepan akan ada mutasi besar-besaran jika memang tidak bisa bertanggung jawab atas amanah yang diberikan,” jelasnya.
Selain itu Wawan juga meminta kepada para pejabat yang baru untuk stop membahas masalah Pilkada 2018 mendatang.
“Saya minta kepada para pejabat ini nanti untuk berhenti membicarakan masalah Pilkada 2018. Jadi jangan coba-coba bermain politik. Karena jabatan saya sebagai walikota masih satu tahun setengah dan baru berakhir pada 14 November 2018. Kerjakan amanah yang kita berikan serta bertanggung jawab untuk membangun Kota Pangkalpinang menjadi lebih baik,” tegasnya. (nov/bum/6)

Related posts