Pedagang Curangi Timbangan Siap-siap Ditindak

  • Whatsapp
Ayam potong yang dijual pedagang di Pasar Kite Sungailiat (foto: Zuesty Novianty)

SUNGAILIAT – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan (Disnakerperindag) Kabupaten Bangka, Tonny Marza mengimbau kepada para pedagang untuk berlaku jujur saat transaksi jual beli dan selalu melakukan tera timbangan.

“Kami dari disperindag selalu melakukan tera timbangan di pasar, cuma dalam hal ini bagaimanapun upaya kita untuk menormalkan timbangan melalui tera ulang tapi kalo perilakunya yang tidak berubah maka sulit,” ungkap Tonny di Kantor UPT Pasar Kite Sungailiat, Kamis (16/5/2019).

Tonny juga menghimbau kepada pedagang untuk masalah harga barang yang dijual harus ada kesepakatan antara penjual dan pembeli. Tetapi, untuk masalah timbangan yang tidak tepat maka akan masuk dalam ranah penipuan pada konsumen.

“Jadi untuk di Pasar Kite Sungailiat ini kalo ternyata ada pembeli yang merasa timbangannya tidak sesuai maka silahkan bawa ke UPT pasar untuk dilakukan timbangan pembanding, nanti akan kita selesaikan sengketa antara penjual dan pembeli, tapi syaratnya barang belanjaan tidak boleh dibawa pulang dulu, ” jelas Tonny.

Dia menegaskan, bagi pedagang apabila kedapatan melakukan kecurangan pada timbangannya maka akan dikenakan sanksi bekerjasama dengan Satpol PP Kabupaten Bangka.

“Timbangan yang tidak sesuai tersebut akan kita sita dan sekaligus nanti Pol PP pada tahap awal akan lakukan pembinaan. Biasanya di Pol PP ada surat pernyataan tidak akan mengulangi hal tersebut,” katanya.

Selain itu Tonny berharap masyarakat bisa menjadi pembeli yang cerdas. Karena pembeli mempunyai hak untuk mendapatkan barang yang layak.

“Jadilah pembeli yang cerdas, jika dilihat timbangan dari bentuk tidak meyakinkan bisa meminta kepada penjual untuk memakai timbangan yang lain yang lebih meyakinkan, karena itu sudah menjadi hak pembeli, ” kata Tonny.(2nd/10)

Related posts