PDIP Godok Tiga Nama Cawabup Babar

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Tiga nama hasil fit and proper test Bakal Calon (Balon) Wakil Bupati Bangka Barat (Wabup Babar) resmi diumumkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Mereka adalah Dedi Wijaya, Elfidiana dan Noviar Ishak.

Ketiga orang tersebut dinilai melalui pertimbangan sosial dan keinginan masyarakat. Namun yang paling mencolok perhatian publik tersebut adalah persaingan antara Deddi Wijaya dan Noviar Ishak.

Deddi Wijaya diketahui merupakan anggota DPRD Babel yang saat ini menjabat Ketua Komisi II, sementara Noviar Ishak merupakan ASN eselon II di lingkungan Pemprov Babel dengan jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ketua DPD PDIP Babel, Didit Srigusjaya menjelaskan ketiga nama tersebut dinilai telah memenuhi standar balon wakil bupati berdasarkan pandangan partai sesuai anggaran dasar rumah tangga serta mekanisme dan kebutuhan publik masyarakat.

“Jadi tahap pertama fit and propertes dari tujuh yang kemarin ikut, tiga balon ini yang sangat direspon masyarakat,” ujar Didit kepada wartawan, Kamis (15/8/2019).

Hanya saja, menurut dia, tiga nama tersebut masih belum final karena harus digodok di ranah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) untuk menentukan dua nama yang akan disodorkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

“Akan kami godok di DPD minggu ini (18/8/2019). Akan kita kerucutkan lagi menjadi dua nama untuk diteruskan ke DPP,” jelasnya.

Didit menerangkan mengenai mekanisme di DPD PDIP Babel, pihaknya hanya akan meminta laporan dari Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Babar.

“Kita tidak lagi mengundang lagi bakal calon, mereka cukup diundang di tahap fit and proper test. Kita akan meminta laporan ke ketua DPC-nya. Setelah itu baru kami putuskan dua nama ini,” katanya.

Dia menambahkan, rekomendasi yang dikeluarkan DPP PDIP akan disodorkan ke dua partai koalisi lainnya yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Hanura yang kemudian diusulkan ke Bupati Babar.

“Nanti bupatinya yang akan mencoret untuk mengambil dua orang yang akan diserahkan ke DPRD Babar, jadi tergantung DPRD yang mau pilih siapa karena kewenangannya walau hasilnya belum tentu dari keinginan masyarakat,” tandasnya. (ron/10)

Related posts