Pasukan Kuning, Hijau & Honorer Terima Daging Kurban

  • Whatsapp
Bupati Bangka Selatan Justiar Noer menunjuk ke arah Sapi yang akan menjadi Kurban di hari kurban yang berlangsung di halaman belakang kantor instansi tersebut, Minggu (11/8/2019). (foto: tamimi).

 

TOBOALI – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengkurbankan tiga ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah.

Pemotongan dan pembagian sapi kurban tersebut dilakukan di halaman belakang kantor instansi tersebut, Minggu (11/8/2019).

Kepala DPKPLH Basel Gatot Wibowo menuturkan, tiga ekor sapi yang dikurbankan pada kesempatan itu merupakan bantuan yang disalurkan oleh pihak perbankan dan perusahaan pertambangan. Yakni satu ekor dari Bank SumselBabel dan masing-masing lainnya dari Mitra Gapura Mandiri dan PT RBT.

“Ada 253 orang penerima daging kurban hari ini. Terdiri dari pasukan kuning, pasukan hijau, tenaga honorer kantor dan sebagian masyarakat yang tinggal di kawasan Jalan Baru TPA Toboali. Setelah pemotongan dan pembagian, kita juga lakukan kegiatan masak-masak dan santap bersama disini,” ujar Gatot Wibowo.

Ia menyebut, kegiatan pemotongan dan pembagian hewan kurban tersebut memang rutin dilakukan setiap tahunnya. Bedanya, jumlah hewan kurban yang diterima dan disalurkan pada lebaran haji tahun ini bertambah menjadi tiga ekor dibanding tahun lalu yang hanya dua ekor sapi.

“Ini bentuk apresiasi pemda melalui dinas kita kepada mereka tadi, yang sesuai tugas pokoknya para pekerja kebersihan yang hebat di lapangan. Karena selama ini, kalau ada lingkungan yang sedikit kotor mereka selalu bekerja membersihkan, setiap hari dari pagi. Adipura didapat karena kerja mereka. Ini reward untuk mereka,” ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer mengungkapkan pada Idul Adha 10 Dzulhijjah kaum muslimin dipertemukan dalam rangka menta’zimkan syiar Islam serta bertakbir mengagungkan asma-Nya, ruku’ sujud dan bertaqorrub serta bersyukur atas segala karunia.

“Dan penyembelihan hewan kurban sebagai wujud ketaatan pada perintah Nya, meneladani RasulNya serta memperingati peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail,” kata Justiar saat memberi sambutan pada Sholat Idul Adha di Masjid Agung Kompleks Perkantoran Bupati Basel Minggu (11/8/2019) pagi. (raw/3)

Related posts