Pastikan Dokumen Kapal Nelayan Lengkap, DKP Babel Gelar Patroli Pengawasan

  • Whatsapp
Nelayan menunjukkan dokumen perizinan saat diperiksa Tim Pengawas Perikanan DKP Babel, Kamis (2/5/2019).(foto: istimewa)

PANGKALPINANG– Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar patroli pengawasan di seputaran perairan Pangkalpinang hingga Bangka Tengah, Kamis (2/5/2019).

Patroli pengawasan dilakukan untuk memastikan nelayan dan kapal ikan yang berlayar di seputar perairan Babel memiliki dokumen perizinan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pengawas Perikanan DKP Babel sekaligus Kapten Kapal, Haris Usman menyebutkan dalam patroli ini tim pengawas perikanan memeriksa dokumen izin kapal perikanan serta pemeriksaan terhadap alat penangkapan ikan yang digunakan.

“Untuk kapal nelayan berukuran dibawah 10 GT sekurang kurangnya memiliki dokumen pass kecil serta memiliki Surat Laik Operasi (SLO) dari pengawas perikanan,” tutur Haris.

Sedangkan untuk kapal berukuran diatas 10 GT, lanjut dia, harus memiliki dokumen Surat Persetujuan Berlayar, Surat Izin Penangkapan Ikan ( SIPI) atau Surat Izin Kapal Penangkapan Ikan ( SIKPI).

Tim Pengawas Perikanan DKP Babel saat menghampiri kapal nelayan untuk diperiksa dokumen perizinan. (foto: istimewa)

Menurut Haris, nelayan yang ditemui oleh tim pengawas perikanan saat pemeriksaan bersikap kooperatif .

“Pada dasarnya semua kooperatif saat diperiksa meskipun ada saja yang dokumen perizinannya sudah kedaluwarsa, untuk yang seperti ini kami akan memberikan surat peringatan dan meminta mereka untuk kembali ke pelabuhan terdekat, silakan kembali berlayar saat izin sudah diperbarui lagi,” ungkapnya.

Dia berharap meskipun tidak ada patroli, nelayan maupun pemilik kapal memiliki kesadaran penuh untuk melengkapi dokumen perizinan.

“Kalau sudah tertib dan taat peraturan akan memudahkan pendataan dan apabila kapal tersebut mengalami permasalahan dilaut akan memudahkan mendapatkan pertolongan dan bantuan secepatnya dari berbagai pihak karena yang domumennya sudah terdata dengan lengkap,” imbuhnya.

Tim Pengawas Perikanan DKP Babel melakukan patroli pengawasan dengan Kapal Pengawas Elang Laut milik DKP Babel. Patroli berlangsung selama 5 hari sejak 30 April hingga 3 Mei 2019. Tim terdiri dari satu orang kapten kapal, empat orang ABK Kapal Elang Laut dan tiga orang pengawas perikanan.(mutya/dkpbabel)

Related posts