Pasokan Daging Sapi Idul Fitri di Bateng Aman

  • Whatsapp

80 Sapi dalam Proses Pengiriman dari Lampung

KOBA – Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah memastikan pasokan daging sapi di Bangka Tengah pada hari raya idul fitri 1440 H dipastikan aman dan tercukupi.

Hal tersebut berdasarkan data yang diterima Dinas Pertanian dari sejumlah pedagang sapi yang ada di Bangka Tengah dengan total sebanyak 330 ekor.

“Kita mendata saat ini, stok sapi yang sudah ada berjumlah 250 dan sebanyak 80 ekor sapi masih dalam proses pengiriman dari Lampung,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Rusli Khaidir kepada harian ini, Selasa (21/05/2019).

Dikatakannya, dengan total jumlah sapi sebanyak 330 ekor tersebut, sudah dipastikan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang cenderung meningkat menjelang dan dalam lebaran Idul Fitri.

“Permintaan masyarakat terhadap daging sapi diprediksi meningkat satu minggu sebelum lebaran atau H-7 dan pemerintah daerah sudah mengantisipasinya dengan memastikan stok sapi sesuai kebutuhan,” ungkapnya.

Selain menyediakan stok sapi, pihaknya juga akan memeriksa kesehatan hewan sapi potong untuk menghindari beredarnya daging sapi yang tidak layak konsumsi.

“Pemeriksaan kesehatan hewan sapi ini akan diperiksa satu hari sebelum dipotong, untuk memastikan daging yang beredar benar-benar layak konsumsi,” ucapnya.

Untuk memastikan daging sapi yang dijual layak konsumsi, pihaknya menempatkan satu dokter hewan pada setiap kecamatan yang bertugas untuk memeriksa kesehatan sapi tersebut.

“Dokter ini memeriksa kesehatan sapi ini secara baik hingga bisa dipastikan daging yang dikonsumsi masyarakat tidak menimbulkan dampak terhadap kesehatan,” tukasnya. (ran/3).

Related posts