by

Paslon Rindu Dipastikan Maju Lewat Jalur Perseorangan

Pleno KPU Pangkalpinang
Kantongi 14.952 Dukungan

PANGKALPINANG – Balon (Bakal Calon) perseorangan Rindu (Rinaldi-B Sarjulianto) resmi dinyatakan lolos, setelah Ketua KPU Pangkalpinang M Yusuf, mengetuk palu usai dibacakannya hasil Verfak (Verifikasi Faktual) tujuh kecamatan se-Pangkalpinang, di sekretariat KPU Pangkalpinang, Jumat (9/2/2018).

“Tadi sudah dibacakan hasil rekapitulasi perbaikan dukungan. Dari hasil rekap PPK sudah tercapai 6.044 dukungan. Kemudian, pada tahap pertama 8.908, sehingga totalnya menjadi 14.952,” kata Yusuf.

“Syarat verifikasi faktual sudah melebihi syarat minimal dukungan 13.708 sudah terpenuhi. Tinggal syarat kesehatan yang akan dibuka sebelum penetapan pasangan calon 12 Februari 2018 dan 13 Februari pengundian nomor urut. Kita harap, sehat semua,” tuturnya.

Sebelumnya, pembacaan hasil rekapitulasi yang dibacakan oleh masing masing perwakilan PPK dipandu oleh Yusmayadi Divisi Data dan Perencanaan. Abdul Rasyid ketua PPK Bukit Intan saat membacakan hasil rekapitulasi mengatakan, dengan hasil jumlah dukungan 838 orang. Kemudian, dilanjut pembacaan oleh ketua PPK Gabek Andi Welang dengan hasil 857 orang dukungan. Ketua PPK Gerunggang Suwartono menyampaikan, hasil sebanyak 1.044 orang dukungan. Sedangkan PPK Girimaya yang dibacakan oleh Fredy menyampaikan hasil 490 dukungan di Kecamatan Girimaya. Selanjutnya, hasil verifikasi faktual dibacakan oleh ketua PPK Pangkalbalam Amiruddin dengan jumlah dukungan 876 orang. Kemudian, untuk Kecamatan Rangkui didukung oleh 1.417 orang sesuai yang dibacakan oleh ketua PPK Noor Adni. Terakhir, Ketua PPK Taman Sari Yohanes Domis Mengu, menyampaikan hasil dukungan sebesar 522 di kecamatan Taman Sari.

Dalam rapat ini baik Panwas Kota Pangkalpinang maupun LO Paslon perseorangan menerima hasil verifikasi faktual yang dibacakan oleh seluruh PPK.

Dalam arahan Wahyu Gusna Divisi SDM dan Parmas serta Penti Divisi Keuangan, Umum dan Logistik menyampaikan, bahwa adanya Balon perseorangan ini merupakan sejarah bagi Kota Pangkalpinang khususnya dan Bangka Belitung pada umumnya. “Dan diharapkan, seluruh bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota mengikuti seluruh program, tahapan dan jadwal sesuai dengan peraturan KPU,” kata Wahyu.

Sementara itu, bakal calon Walikota dari Paslon Rindu Rinaldi menghaturkan terimakasih kepada sleuruh pihak. ia menyampaikan, hasil Verfak merupakan perjuangan dari jalur perseorangan dan kini telah dinyatakan lolos. “Terimakasih kepada semua pihak. Dan hari ini kita membuktikan, Bangka Belitung punya sejarah baru dalam demokrasi. Bahwasanya, calon independen bisa bertarung di Pilkada,” kata Rinaldi.

Bakal calon wakil walikota Pangkalpinang Sarjulianto menambahkan, ia juga menghaturkan terimakasih kepada tim dan relawan rindu, KPU baik PPK, PPS dan Panwaslu serta awak media. “Juga terimakasih kepada masyarakat Pangkalpinang yang telah mendukung maupun yang akan mendukung. Kami juga ucapkan kepada insan pers, yang luar biasa mempublikasikan ini secara berimbang. Peran pers ini sangat luar biasa, karena kalau tidak ada pers tidak ada kehidupan. Sekali lagi, saya mengucapkan banyak terimakasih,” kata Sarju.

“Kami bangga dan terharu dengan proses yang sudah berjalan ini. Pasangan Rindu yang maju melalui jalur perseorangan, menjadi sejarah di Pangkalpinang. Dan ini, juga menjadi sejarah bagi masyarakat Pangkalpinang yang telah mewujudkan suatu demokrasi tanpa ada beban dari partai politik,” pungkasnya. (ron/7)

Comment

BERITA TERBARU