by

Paslon Bisa Cetak Alat Peraga Kampanye 150 Persen

SUNGAILIAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menyerahkan paket alat peraga kampanye (APK) untuk tiga pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bangka yang diwakili oleh penghubung masing-masing paslon, di ruang rapat Kantor KPU Bangka, Kamis (15/3/2018).

Ketua KPU Bangka Zulkarnain mengatakan, APK yang diserahkan berupa baliho, spanduk dan umbul-umbul. APK ini difasilitasi dan dicetak oleh KPU dan pemasangannya akan dilaksanakan oleh pihak ketiga.

“Pemasangan baliho pada lima titik bagi masing-masing paslon. Karena diaturannya maksimal KPU hanya menyediakan lima untuk setiap paslon. Balihonya satu kesatuan. Selain baliho, ada umbul-umbul, spanduk, selebaran, brosur, pamflet dan poster, ” kata Zulkarnain.

Selain materi APK yang disiapkan KPU Bangka, dikatakan Zulkarnain, masing-masing paslon diperboleh mencetak 150 persen dari yang difasilitasi oleh KPU.

“KPU memfasilitasi lima, artinya mereka bisa mencetak lebih dari lima itu, jika lebih dari itu maka akan dicabut oleh Panwaslu karena mereka yang akan memonitoring. Kalau untuk selebaran harus berdasarkan kartu keluarga (KK), jika 96 ribuan lebih ya itu yang akan dicetak,” terangnya.

Menurut dia, jika KPU sudah resmi memasang APK ini secara otomatis Panwaslu akan menghitung jumlah APK yang ada. Pada pilkada kali ini, penyediaan APK turut diserahkan kepada KPU karena ingin menciptakan pemilu yang efisien.

“Idenya kan sekarang begini, pemilu itu inginnya kita kan lebih efisien, efisiensi pembiayaan. Artinya paslon tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk hal itu, makanya dibatasi. Kita mencoba untuk lebih efisien, sekarang itu kampanye, KPU memberikan keleluasaan lebih kepada pertemuan pertemuan, dialog, itu yang lebih ditekankan KPU supaya mereka langsung berhubungan dengan masyarakat,” bebernya.

Pada penyerahan APK kemarin, KPU hanya menyerahkan baliho saja karena untuk spanduk dan umbul-umbul masih belum lengkap dan masih berkoordinasi dengan pihak percetakan.(snt/10)

Comment

BERITA TERBARU