Pasien Suspect Corona Masih Diisolasi, RSUP Babel Tunggu Hasil Laboratorium

  • Whatsapp
Direktur RSUP Soekarno, Armayani

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Satu orang pasien yang diduga mengalami penyakit yang disebabkan coronavirus 2019 (covid-19), saat ini mendapat perawatan intensif di RSUD Dr. Soekarno, Air Anyir, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Selain diduga terinfeksi virus corona ternyata, pasien juga memiliki riwayat penyakit yang cukup serius.

“Ya, pasien mempunyai tiga riwayat penyakit penyerta, jantung hipertensi, gagal ginjal dan penyakit paru obstruksi kronis (PPOK-red),” kata Direktur RSUD Dr. Soekarno, Armayani kepada wartawan, Senin (17/2/2020).

Dia menjelaskan, pasien yang masuk ke RSUP sejak Minggu (16/2/2020) ini kini dalam pemantauan dan pemeriksaan serta penanganan khusus. Laki-laki usia 71 tahun ini dirawat dalam ruang isolasi yang jauh dari ruang perawatan pasien umum.

“Tadi malam sudah ambil sampel dari tenggorokan tiga tempat, diambil darahnya, pagi tadi sudah dikirim ke Jakarta untuk dianalisis mudah-mudahan harapan kita negatif dan dua atau tiga hari baru tau hasilnya,” jelasnya.

Baca Lainnya

Armayani menerangkan, pasien tersebut sebelumnya diketahui sempat melakukan perjalanan ke Singapura dan kembali ke Sungailiat, Kabupaten Bangka dan selang berapa hari kemudian mengalami gejala batuk dan sesak nafas.

“Sekarang pasien ditangani dokter spesialis paru, dokter Liyah, dokter penyakit dalam dokter Milano dan dokter jantung yaitu dokter Surya,” imbuhnya.

Pihak RSUP lanjutnya, sudah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Kementerian Kesehatan dan juga sudah melapor kepada Gubernur Babel.

“Mudah-mudahan pasien tidak positif covid-19, sekarang dan hingga beberapa hari ke depan masih dalam pengawasan karena masih dalam masa inkubasi 14 hari sejak 11 Februari hingga nanti 26 Februari,” kata Armayani. (nov)

Related posts