Pasien Positif Covid-19 di Babel Bertambah 5 Orang, 2 di Kabupaten Bangka, 3 di Pangkalpinang 

  • Whatsapp
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (19/5/2020) bertambah lima orang.

Pasien yang baru terkonfirmasi positif ini, dua orang dari Kabupaten Bangka dan tiga dari Kota Pangkalpinang. Khusus di Pangkalpinang, dari tiga pasien satu diantaranya adalah  Warga Negara Asing (WNA) asal Bangladesh.

Read More

Juru Bicara GTPPC-19 Babel, Andi Budi Prayitno membenarkan adanya penambahan lima pasien positif ini. Menurutnya secara kumulatif total pasien positif Corona di Babel berjumlah 34 orang.

“Kelima pasien ini terkonfirmasi berdasarkan hasil pemeriksaan Swab yang dikirimkan ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang, Sumatera Selatan,” kata Andi Budi Prayitno kepada wartawan, Selasa malam.

Dia merinci dua pasien dari Kota Pangkalpinang atas nama DM (31) perempuan, warga Kecamatan Pangkalbalam dan M (62) laki-laki, warga Kecamatan Gerunggang, serta satu WNA asal Bangladesh atas nama MA (55) laki-laki yang berdomisili di Kecamatan Rangkui.

“Dua lainnya berasal dari Kabupaten Bangka atas nama AM (15) warga Pagarawan, Kecamatan Merawang dan SB (12) warga Parit Padang, Kecamatan Sungailiat. Lima orang ini sudah disampaikan ke Gugus Tugas masing-masing, baik kota mau pun kabupaten,” katanya.

Menurut ABP sapaan akrab Andi Budi Prayitno, semua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini sudah ditindaklanjuti oleh Gugus Tugas Kota Pangkalpinang dan Gugus Tugas Kabupaten Bangka dengan melakukan pandemi epidemiologi (PE) dan men-tracking semua orang yang sempat kontak dengan pasien.

Ia menjelaskan dua warga Pangkalpinang yang terjangkit ini tidak ada riwayat perjalanan dari luar daerah atau dari zona merah, melainkan dari transmisi lokal.

“Kalau WNA Bangladesh, yang bersangkutan sudah lama berada disini (Pangkalpinang-red), sejak pertama diketahui adanya Covid-19 di Babel, dan mereka baru dari luar Babel saat itu,” jelas ABP.

ABP merinci, untuk dua warga di Kabupaten Bangka, keduanya diketahui merupakan santri di salah satu Pondok Pesantren di Temboro, Magetan, Jawa Timur, yang baru pulang ke Bangka tanggal 17 April 2020 dan pada 24 April 2020 lalu.

“Jadi saat ini semuanya sudah ditindaklanjuti oleh gugus tugas masing-masing daerah, dengan demikian artinya saat ini total sudah 34 orang pasien terkonfimasi positif Covid-19 di Babel, sembilan orang dalam perawatan, 24 dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia,” tandasnya.

ABP menjelaskan gugus tugas provinsi, tidak mau buru-buru dan tergesa-gesa dalam menyampaikan terkait hal ini, karena terlebih dahulu perlu melakukan verifikasi dan sinkronisasi data dengan gugus tugas kabupaten/kota dan gugus tugas pusat.

“Kita kroscek kembali, setelah semuanya dipastikan, baru kita umumkan. Yang terpenting, masyarakat tetap jaga jarak, jaga kesehatan, gunakan masker dan sering-sering mencuci tangan,” pintanya.(nov)

JustForex

Related posts