Partisipasi Pemilih Pilgub di Bateng Naik

  • Whatsapp

Faktor Sosialisasi yang Digelar

KOBA – Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di Bangka Tengah naik sebesar 0,27 persen atau pada angka 64,29 persen dibandingkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bateng Tahun 2015 lalu sebesar 64,02 persen.

“Alhamdulillah, angka partisipasi pemilih Pilkada Gubernur Babel di Bateng meningkat,” ujar Ketua KPU, Suryansah saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Jum’at (14/02/2017).

Dikatakannya, tingkat partisipasi pemilih meningkat karena faktor sosialisasi yang digelar KPU, Panwaslu, Paslon, Parpol dan masyarakat itu sendiri.

“Kendati angka partisipasi pemilih meningkat, namun tidak dapat dipungkiri, faktor alam hujan lebat pada hari pencoblosan sangat mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih,” ungkapnya.

Untuk kotak suara yang berada di PPK, kata Suryansah, sudah dibawa kembali ke Kantor KPU. Seperti di Kecamatan Lubuk Besar, Namang, Pangkalan Baru, Koba sudah dibawa hari kamis pekan kemarin, sedangkan Kecamatan Sungai Selan dan Simpang Katis dibawa hari Jum’at.

“Jadi, kotak suara yang ada di masing-masing kecamatan sudah dibawa ke Kantor KPU dengan dikawal pihak kepolisian,” tuturnya.

“Mari kita jaga kondisi Pilkada Pilgub Babel di Bangka Tengah sampai proses penetapan dan pelantikan calon terpilih. Nanti pleno rekapitulasi tingkat kabupaten tanggal 22-24 Februari 2017, kemudian rekap tanggal 23 Februari 2017,” tukasnya. (ran/3).

Related posts